Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulFENOMENA OJEK ONLINE GOFOOD DI KOTA PALU (STUDI POLA KOMUNIKASI PADA MASYARAKAT DI KOTA PALU)
Nama: APRILIA NIKITA ZILDJIAN
Tahun: 2023
Abstrak
ABSTRAK Aprilia Nikita Zildjian Stambuk B 501 15 135 dengan judul skripsi “Fenomena ojek online gofood di Kota Palu ( Studi PPola Komunikasi Pada Masyarakat Kota Palu”. Dibimbing oleh Prof. Dr. Muhammad Khairil, M.Si selaku pembimbing utama. Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui bagaimana Pola Komunikasi yang diterapkan antara driver dengan customer dan untuk mengetahui hambatan apa saja yang dirasakan selama merealisasikan Pola Komunikasi. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini berjumlah (6) orang yang terdiri dari (3) orang Driver gojek, (2) orang pengguna jasa Gofood, dan (1) orang satgas gojek Kota Palu. Narasumeber penelitian ini telah dipilih melalui teknik purposive sampling dengan mempertimbangkan beberapa syarat-syarat tertentu. Hasil peenelitian ini menujukan adanya penggunaan pola komunikasi yang driver gojek kota palu gunakan dalam melayani customer yaitu pola komunikasi primer, pola komunikasi sekunder, pola komunikasi linear atau satu arah dan pola komunikasi sirkuler atau dua arah. Ketertarikan masyarakat terhadap fitur gofood di Kota Palu yang lumayam besar dikarenakan banyaknya warung makan yang bekerjasama dengan layanan gofood dan ditambah lagi banyaknya promo menarik yang disediakan gojek, misalnya potongan harga pengantaran. Melalui penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa pola komunikasi memiliki peran yang penting bagi keberlangsungan hubungan Interaksi yang dilakukan oleh driver dan pengguna jasa gofood di Kota Palu. Apabila pola komunikasi dilakukan secara intensif maka hubungan driver dengan costumer gofood menjadi lebih baik dan akrab. Kata Kunci : Fenomena Ojek Online, Pola Komunikasi, Gofood.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up