Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulStrategi Komunikasi Pemasaran Halal Network International - Herba Penawar Al-Wahida Indonesia (HNI-HPAI) Dalam Meningkatkan Pelanggan Di Kota Palu
Nama: VITAYANTI
Tahun: 2021
Abstrak
ABSTRAK Vitayanti, Stambuk B 501 15 133. Program Studi Ilmu Komunikasi. Strategi Komunikasi Pemasaran Halal Network International – Herba Penawar Alwahida Indonesia (HNI-HPAI) dalam meningkatkan pelanggan di Kota Palu. Dibawah bimbingan Bapak Muhammad Khairil. Latar belakang penelitian ini berasal dari beberapa permasalahan yang timbul dalam persaingan bisnis, seperti banyaknya perusahaan yang malakukan penjualan produk herbal melalui perpanjangan tangan oleh distributor, seperti halnya HNI-HPAI, dengan jenis barang yang hampir sama, harga yang tidak jauh berbeda serta manfaat yang juga sama baik bagi penggunanya. Contohnya yaitu, perusahaan Tiens Syariah, Nasa dan Herbal Life. Penelitian merupakan metode penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini berjumlah 6 (enam) orang, yaitu Pemilik Stokis HNI Halal Mart Sahabat, Jl Cendrawasih, dengan jenjang karir Loyal Lxecutive Director (LED). Kemudian salah 1 mitra HNI dengan jenjang Manager HNI-HPAI dan 2 Agen Biasa (AB) HNI-HPAI beserta 2 orang pelanggan aktif HNI-HPA di Kota Palu. Berdasarkan hasil penelitian penelitian yang ditemukan bahwa strategi komunikasi pemasaran HNI-HPAI dalam meningkatkan pelanggan di kota Palu yaitu menggunakan teori promotional mix dan social media marketing walaupun belum maksimal. Hal ini bisa dilihat dari HNI-HPAI mengiklankan produk melalui iklan media cetak berupa spanduk, X banner dan browsur produk sebagai salah satu media yang bisa di gunakan untuk menyampaikan informasi terkait manfaat produk kepada pelanggan. Selian itu, Kekreatifan HNI-HPAI dalam memberikan promo-promo pada pelanggan juga salah satu strategi pemasaran yang dilakukan HNI-HPAI dalam meningkatkan pelanggan dengan membuat promo-promo dengan pembelian sekian mendapatkan potongan sekian, serta yang menarik juga yaitu kartu member sekaligus diskon untuk menarik para pelanggan maupun konsumen baru dan yang terahkir HNI-HPAI juga melakukan penjualan pribadi atau personal selling kepada konsumen dalam kegiatan home sharing. Home sharing merupakan penjualan pribadi yang cukup efektif dalam menarik pelanggan untuk membeli produk, karena pihak HNI-HPAI mendatangi lansung konsumen serta mengajak diskusi para calon konsumen terkait produk dan manfaat produk HNI-HPAI. Pemanfaatan media sosial salah satu strategi HNI-HPAI dalam melakukan komunikasi pemasaran untuk meningkatkan pelanggan di pota Palu. Melalui media sosial HNI-HPAI menyebarkan informasi terkait produk dan manfaatnya yang dapat dilihat dari banyaknya postingan produk dan testimoni yang menarik dan mendorong para pembaca untuk membeli. Media sosial yang sering digunakan oleh HNI-HPAI yaitu facebook dan WhatsApp karena terbilang efektif dalam menyebarkan informasi serta sebagai media penjualan mitra HNI-HPAI. Kata Kunci : Strategi Komunikasi Pemasaran, Promotion mix, social media marketing, HNI-HPAI

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up