JudulPenerapan Promotion Mix Music Station Radio Dalam Menjaring Pengiklan |
Nama: AMAR MUBARAK |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Amar Mubarak, Stambuk B 501 15 131, Program Studi Ilmu Komunikasi, Konsetrasi Broadcasting, Skripsi “Penerapan Promotion Mix Music Station Radio Dalam Menjaring Pengiklan” di bawah bimbingan Achmad Herman. Iklan bagi sebuah stasiun radio adalah sumber penghasilan terbesar, banyaknya jumlah stasiun radio yang ada di Kota Palu menciptakan iklim persaingan dalam menjaring pengiklan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penerapan promotion mix MS Radio dalam menjaring pengiklan. Penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Metode yang digunakan pada penelitian ini merupakan jenis kualitatif dengan tipe deskriptif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 5 orang yang merupakan sampel yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling dengan objek penelitiannya yaitu penerapan promotion mix Music Station Radio yang diterapkan dalam menarik pengiklan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari semua strategi promotion mix yang terdiri dari 5 strategi, Music Station Radio hanya menerapkan 4 strategi promosi di antaranya periklanan dengan menggunakan media non-personal yaitu media sosial Instagram MS Radio, hubungan masyarakat seperti mengadakan ruang edukasi bagi masyarakat, kemudian promosi penjualan dengan cara memberikan diskon atau potongan harga bagi pengiklan dan yang terakhir pemasaran langsung dengan cara mengirimkan surat dan proposal penawaran kerja sama. Kata Kunci : Radio, Iklan, Promotion Mix |