Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN APLIKASI TIK TOK TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA SMP NEGERI 6 PALU
Nama: Riska Wiandari
Tahun: 2019
Abstrak
Tujuan dari penelitian adalah mengetahui pengaruh intensitas penggunaan aplikasi tik tok terhadap minat belajar siswa SMP Negeri 6 Palu. Jenis penelitian yaitu penelitian eksplanatif dengan metode kuantitatif. Variabel yang diteliti adalah variabel independen intensitas yang terdiri dari dua indikator yaitu frekuensi dan durasi, serta variabel dependen minat belajar yang terdiri dari empat indikator yaitu rasa suka dan ketertarikan terhadap hal yang dipelajari, keinginan siswa untuk belajar, perhatian terhadap belajar, dan keantusiasan serta partisipasi dan keaktifan siswa dalam belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 6 Palu sebanyak 693 siswa. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 87 responden yang diperoleh melalui perhitungan Slovin. Teknik penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Simple Random Sampling. Metode analisis yang digunakan yaitu Regresi Linear Sederhana. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah Ha : Ada pengaruh yang signifikan antara intensitas penggunaan aplikasi tik tok terhadap minat belajar siswa SMP Negeri 6 Palu, dan Ho : Tidak ada pengaruh yang signifikan antara intensitas penggunaan aplikasi tik tok terhadap minat belajar siswa SMP Negeri 6 Palu. Berdasarkan hasil analisis regresi linear sederhana menunjukan bahwa variabel intensitas penggunaan aplikasi tik tok berpengaruh signifikan terhadap minat belajar siswa SMP Negeri 6 Palu. Dengan nilai R Square (R2) sebesar 0,487 atau 48,7?n nilai koefisien regresi (b) adalah -0,662 intensitas penggunaan aplikasi tik tok, Artinya terdapat pengaruh negatif antara variabel intensitas (X) dengan variabel minat belajar (Y) dengan tingkat pengaruh yang sedang.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up