JudulPengaruh Bermain Game Online Free Fire Terhadap Perilaku Komunikasi Anak Kepada Orang Tua Di Desa Mpanau Kecamatan Sigi Biromaru |
Nama: DEDY KURNIAWAN |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Dedy Kurniawan. B 501 15 124. Program Studi Ilmu Komunikasi Konsentrasi Public Relations. “Pengaruh Intensitas Bermain Game Online (Free Fire) Terhadap Perilaku Komunikasi Anak kepada Orang Tua di Desa Mpanau Kecamatan Sigi Biromaru” dibimbing oleh Ibu Dra. Hj. Sumarni Zainuddin, M.Si, Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tadulako. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara frekuensi durasi dan Perilaku Komunikasi Anak Kepada Orang tua di Desa Mpanau Kecamatan Sigi Biromaru. Tipe penelitian ini menggunkakan riset penelitian kuantatif dengan tipe penelitian eksplanatif. Variable X yaitu frekuensi durasi intensitas sedangkan variabel Y yaitu Perilaku Komunikasi. Penelitian ini dilingkungan Desa Mpanau. Variabel yang diteliti adalah variabel bebas Intensitas bermain game online (Free Fire), serta variabel terikat Perilaku Komunikasi. Populasi dalam penelitian ini berjumla 527 orang, sehingga dengan rumus slovin didapati sampel sebanyak 84 orang. Teknik penarikan sampelnya menggunakan Probability Sampling dengan jenis Proportionate Stratified Random Sampling, Teknik pengumpulan data menggunakan kuesyoner, dan pengukuran variabel menggunakan skala Likert. Teknik analisis data dan pengujian hepotesis menggunakan korelasi Pearson’s Product Moment dan regresi linear sederhana, Hasil penelitian korelasi Pearson’s Product Moment (r), Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada hubungan tidak signifikan antara Intensitas bermain game online (Free Fire) dengan Perilaku Komunikasi. Melihat hasil di dapatkan berdampak negatif diketahui bahwa nilai r hitung = -0,606 nilai ini menandatkan bahwa hubungan antara Intensitas Bermain Game Online Free Fire dengan Perilaku Komunikasi adalah negatif dan kuat Nilai hubungan negatif Pada hasil analisis regresi linear sederhana dengan nilai R Square (R2) sebesar 0,367 atau 40,3% terhadap Perilaku Komunikasi, dibuktikan dari hasil nilai koefisien regresi adalah -882. Hasil Uji t diketahui nilai t hitung variabel Intensitas Bermain Game Online Free Fire sebesar -6,890 lebih kecil dari t tabel 1,295, Dengan kata lain menolak hipotesis alternatif (Ha) dan menerima hipotesis mula-mula (Ho). Berdasarkan hasil uji hipotesis, Maka hal tersebut mengindentifikasikan bahwa hasil Penelitian yang didapat hanya berlaku bagi data sampel dan tidak berlaku bagi data populasi. Kata Kunci: Game Online, (Free Fire), Perilaku Komunikasi |