Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Intensitas Bermain Game Online (PUBG) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Di Sma Negeri 1 Palu
Nama: MOH.SATRIA
Tahun: 2021
Abstrak
ABSTRAK Moh.Satria. B 501 15 115. Program Studi Ilmu Komunikasi Konsentrasi Public Relations. Skripsi Pengaruh Intensitas Bermain Game Online (PUBG) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI di SMA NEGERI 1 Palu. Dibimbing oleh ibu Hj. Sumarni Zainuddin. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur ada tidaknya pengaruh atau hubungan yang signifikan antara Intensitas bermain game online (PUBG) Terhadap motivasi belajar siswa kelas XI Di SMA N 1 Palu. Penelitian ini di dasari oleh teori efek media yang di kembangkan oleh winarni. Tipe penelitian ini menggunakan riset penelitian kuantatif dengan tipe penelitian eksplanatif. Sedangkan, dasar penelitian yang digunakan adalah metode survei, populasi dalam penelitian ini berjumla 468 siswa kelas XI Sma Negeri 1 Palu yang bermain game online (PUBG). Sehinggan, metode pengambilan sampel menggunakan metode Probability Sampling dengan teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Karakteria responden yang menjadi sampel penelitian ini adalah siswa yang perna bermain game online (PUBG). Adapun jumlah sampel ditentukan berdasarkan rumus slovin didapati sampel sebanyak 82 orang. Terdapat dua variabel dalam penelitian ini, yaitu intensitas bermain bermain game (PUBG) sebagai variabel independen (X) dan motivasi belajar siswa sebagai variabel dependen (Y). Skala pengukuran insrumen penelitian menggunakan skala likert 1-5. Hasil uji validitas membuktikan setiap item pertanyaan dinyatakan valid, Hasil penelitian korelasi Pearson’s Product Moment (r), Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada hubungan tidak signifikan antara Intensitas bermain game online (PUBG) dengan motivasi belajar. Melihat hasil yang di dapatkan berdampak negatif diketahui bahwa nilai r hitung = -0,636 nilai ini menandakan bahwa hubungan antara Intensitas Bermain Game Online PUBG dengan motivasi belajar adalah negatif dan kuat nilai hubungan negatif antar kedua variabel atau berlawanan arah yang artinya, semakin tinggi intensitas bermain game online (PUBG) maka semakin rendah motivasi belajar. Pada hasil analisis regresi linear sederhana dengan nilai R Square (R2) sebesar 0,405 atau 40,5% terhadap motivasi belajar dan dibuktikan dari hasil nilai koefisien regresi adalah -1.020 adanya pengaruh negatif terhadap variabel motivasi belajar XI Sma Negeri 1 Palu dengan artian semakin sering siswa bermain semkain renda motivasi belajar. Hasil Uji t diketahui nilai t hitung variabel Intensitas Bermain Game Online PUBG sebesar -7,374 lebih kecil dari t tabel 1,295, Dengan kata lain menolak hipotesis alternatif (Ha) dan menerima hipotesis mula-mula (Ho) atau terdapat pangaruh yang tidak signifikan antara intensitas bermain game online (PUBG) terhadap motivasi belajar XI Sma Negeri 1 Palu. Berdasarkan hasil uji hipotesis, Maka hal tersebut mengindentifikasikan bahwa hasil Penelitian yang didapat hanya berlaku bagi data sampel dan tidak berlaku bagi data populasi. Kata kunci: Game online, (PUBG), Motivasi Belajar

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up