JudulSTRATEGI KOMUNIKASI DINAS KOMINFO PROVINSI SULAWESI TENGAH DALAM MENSOSIALISASIKAN PERPINDAHAN TELEVISI ANALOG KE TELEVISI DIGITAL DI KOTA PALU |
Nama: MOH. RIFKY RIZALDI |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Moh. Rifky Rizaldi B50115111, Program Studi Ilmu Komunikasi, Konsentrasi Jurnalistik. Strategi Komunikasi Dinas Kominfo Provinsi Daerah Sulawesi Tengah dalam Mensosialisasikan Perpindahan Televisi Analog ke Televisi Digital di Kota Palu. Dibawah bimbingan Achmad Herman selaku pembimbing I dan Kudratullah selaku pembimbing II. Perpindahan sistem penyiaran televisi analog ke sistem penyiaran televisi digital merupakan aturan yang diterapkan pada Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2021 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 6 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Penyiaran. Tujuan penelitian ini ingin mengetahui bagaimana strategi komunikasi Dinas Kominfo Provinsi Sulawesi Tengah dalam mensosialisasikan perpindahan televisi analog ke televisi digital di kota palu. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk meneliti suatu fenomena yang terjadi secara nyata yang dialami oleh subjek penelitian dan mendeskripsikan secara sistematis, faktual, serta akurat terhadap sesuatu yang menjadi objek penelitian. Landasan teori yang digunakan pada penelitian ini definisi dari Middleton dengan empat elemen strategi komunikasi yaitu perencanaan, pesan, media dan tujuan. Hasil penelitian ini bahwa sosialisasi masih dilakukan di berbagai daerah khususnya di Kota Palu karena masyarakat belum mengetahui tentang informasi perpindahan siaran televisi digital sehingga Dinas Kominfo Provinsi Sulawesi Tengah bekerja sama dengan pemangku kepentingan dalam penyiaran yaitu Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Provinsi Sulawesi Tengah untuk memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai siaran televisi digital. Serta kurangnya distribusi set top box dari pemerintah yang dibagikan kepada masyarakat yang kurang mampu. Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Televisi Digital, Sosialisasi |