JudulSTRATEGI KOMUNIKASI LEMBAGA AMIL ZAKAT NASIONAL INISIATIF ZAKAT INDONESIA (IZI) PERWAKILAN SULAWESI TENGAH DALAM MENGOPTIMALKAN PENGUMPULAN ZAKAT |
Nama: NURFADILLAH |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK Nurfadillah, B 501 15 105. Program Studi Ilmu Komunikasi Konsentrasi Public Relation. Skripsi Strategi Komunikasi Lembaga Amil Zakat Nasional Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Perwakilan Sulawesi Tengah dalam Mengoptimalkan Pengumpulan Zakat dibawah Bimbingan Ilyas Lampe Sebagai Konsultan I. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi Lembaga Amil Zakat Nasional Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) perwakilan Sulawesi Tengah dalam mengoptimalkan pengumpulan zakat. Penelitian ini merupakan metode penelitian studi kasus (case study). Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan observasi dan wawancara mendalam. Informan dalam penelitian ini berjumlah 5 (lima) yakni kepala perwakilan IZI Sulteng, Kordinator Keuangan, Kordinator Bidang Edukasi dan Kemitraan Zakat (EKZ) dan 2 (dua) orang staff bidang EKZ. Lokasi penelitian berada di Jl. Tanjung Dako Kelurahan Tatura Utara Kecamatan Palu Selatan. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri atas 3 tahapan yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan verifikasi (verification). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi yang digunakan IZI Sulteng dalam mengoptimalkan pengumpulan zakat ialah melalui program-program bidang edukasi dan kemitraan zakat seperti konsultan zakat, gerai zakat dan phoneselling. Perumusan Strategi komunikasi IZI Sulteng dalam melakukan penghimpunan zakat diwilayah Sulawesi Tengah dilakukan dengan menggunakan empat (4) komponen yakni, mengenali sasaran komunikasi yang terbagi atas faktor kerangka referensi serta faktor situasi dan kondisi dengan itu diketahui bahwa sasaran komunikasi IZI Sulteng adalah Masyarakat umum, Non PNS, Perusahaan Swasta dan komunitas-komunitas yang cara penyampaian pesannya sesuai dengan kerangka referensi dan situasi dan kondisi dari masing-masing sasaran komunikasi. Adapun media yang digunakan IZI Sulteng untuk mensosialisasikan pesan-pesan zakat yaitu media cetak dan media sosial. Kemudian pesan yang disampaikan IZI pada saat melakukan sosialiasi ialah fiqih zakat yang materinya dibuat langsung oleh dewan syariah IZI pusat. Selanjutnya untuk keberhasilan komunikasi yang dilancarkan, IZI Sulteng pada saat menunjuk siapa yang akan menjadi komunikatornya saat sosialisasi mempertimbangkan dua (2) faktor, yang pertama daya tarik sumber yakni komunikasi yang baik, percaya diri, energik, ramah, antusias dan yang kedua adalah kredibilitas sumber yaitu memperhatikan tingkat intelektual dan memahami dengan betul fiqih zakat. Kata Kunci : Komunikasi, Strategi Komunikasi, IZI, Zakat. |