JudulREPRESENTASI BUDAYA LOKAL TERHADAP IKLAN LAYANAN MASYARAKAT DI LPP RRI PALU |
Nama: MUHAMAD NIZAMULHAQ |
Tahun: 2021 |
Abstrak Muhamad Nizamulhaq, B 501 15 104.“Representasi Budaya Lokal pada Iklan Layanan Masyarakat di LPP RRI Palu” Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tadulako. Dibimbing oleh Achmad Herman Berdasarkan Undang-Undang Penyiaran Nomor 32 Tahun 2002 Pasal 5 yang menjelaskan bahawa penyiaran atau broadcasting berkewajiban untuk memajukan budaya nasional yang ada di Indonesia. LPP RRI Palu sebagaia Lembaga Penyiaran Publik bertujuan untuk mengangkat kearifan lokal atau kebudayaan lokal Kota Palu dengan cara memasukkan unsur-unsur budaya lokal pada Iklan Layanan Masyarakat (ILM) yang diproduksi oleh LPP RRI Palu. Tujuan dari penelitian ini pertama untuk mengetahui representasi unsur-unsur budaya lokal pada Iklan Layanan Masyarakat (ILM) di LPP RRI Palu dan kedua, untuk mengetahui upaya apa saja yang dilakukan oleh LPP RRI Palu dalam memproduksi Iklan Layanan Masyarakat (ILM) yang memilki unsur budaya lokalPenelitian ini merupakan metode penelitian tindakan (action research). Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif.Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan observasi dan wawancara mendalam. Informan dalam penelitian ini terdiri dari Kepala LPP RRI Palu, Kepala Lembaga Pelayanan Umum (LPU), Kepala Seksi Perencanaan dan Evaluasi Programa, Kepala Seksi Programa 4 dan Penyiar LPP RRI Palu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Iklan Layanan Masyarakat (ILM) yang diproduksi oleh LPP RRI Palu merepresentasikan kebudayaan lokal Kota Palu khususnya kebudayaan lokal Suku Kaili. Hal itu bisa dilihat dari penggunaan bahasanya, kebiasaan yang tergambar dalam Iklan Layanan Masyarakat dan penggunaan musik atau lagu daerah Suku Kaili. Upaya yang dilakukan oleh LPP RRI Palu dalam memproduksi Iklan Layanan Masyarakat (ILM) yang memiliki unsur budaya lokal yaitu mengenali karakter masyarakat, mengangkat ide dari fenomena-fenomena yang sedang viral dan menjalin kerja sama. Kata Kunci : Representasi, Iklan Layanan Masyarakat (ILM), Budaya Lokal, LPP RRI Palu |