JudulFraming Media Siber Terhadap Kandidat Perempuan Dalam Pilkada Kota Palu |
Nama: INDRA WIJAYA |
Tahun: 2022 |
Abstrak Indra Wijaya, B 501 15 096, Framing. Jurusan Ilmu Komunikasi, Konsentrasi Jurnalistik. Skrpsi “Media Siber Terhadap Kandidat Perempuan Dalam Pilkada Kota Palu “ dibawah bimbingan oleh Stepanus Bo’do selaku pembimbing I dan Muh. Wahid, selaku pembimbing II. Penelitian ini berupaya melihat framing pemberitaan pada media online Kailipost.com dan Radarsulteng.id dalam menggambarkan Imelda Liliana Muhiddin sebagai calon Walikota Palu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan dasar metode analisis framing kualitatif dengan melihat pengambilan sampel dari beberapa pemberitaan yang telah peneliti arsipkan dari media lokal online Kailipost.com dan Radarsulteng.id. Seluruh berita mengenai pasangan calon Imelda Liliana Muhiddin dan Arena Jr Parampasi akan dijadikan sampel penelitian kemudian dibuat tahapan analisis Robert N. Entman dengan empat elemen analisis yaitu : Define Problem, Diagnose Causes, Make Moral Judgement dan Treatment Recommendation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media sangat berpengaruh dalam memberikan informasi kepada masyarakat Kota Palu. Dengan melihat hasil penelitian menggunakan metode Robert N. Entman , maka peneliti mengidentifikasi kedua media tersebut memuat sebuah pemberitaan kampanye pada masa periode 2020. Pertama, Kailipost.com sendiri menggambarkan setiap pemberitaan Calon Wali Kota Palu (Cawalkot) Imelda Liliana Muhiddin dengan kecenderungan adanya upaya kontrol media dalam setiap pemberitaan yang di terbitkan pada periode masa kampanye berlangsung. Kedua, Radarsulteng.id pemberitaan Imelda Lililana Muhiddin yang dimuat dalam rubrik Politika pada halaman media online tersebut memiliki setiap agenda kampanye yang dilakukan dalam masa periode 2020, pemberitaan pada Radarsulteng.id teridetifikasi gencar dalam setiap berita yang diterbitkan sebagai upaya kontrol media dalam periode kampanye. Hal itu bisa dilihat dari intensitas berita terkait dalam setiap berita yang diterbitkan. Kata Kunci : Analisis Framing, Pilkada, Kampanye, Media Lokal. |