Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMANAJEMEN KRISIS HOTEL SANTIKA PASCA BENCANA DI KOTA PALU
Nama: ALFIA ABD AZIS
Tahun: 2019
Abstrak
Alfia Abd. Azis. B 501 15 076. Manajemen Krisis Hotel Santika Pasca Bencana di Kota Palu Program Studi Ilmu Komunikasi Konsentrasi Public Relations Universitas Tadulako dibawah bimbingan Bapak Ilyas. Tujuan penelitian ini yaitu (1) untuk mengetahui gambaran kegiatan manajemen krisis yang dilakukan Hotel Santika Palu dalam peristiwa bencana pada 28 September 2018 (2) untuk mengetahui sejauh mana peranan Public Relations Hotel Santika Palu pasca bencana yang terjadi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini sebanyak tiga orang. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukan bahwa manajemen krisis yang dilakukan Hotel Santika Palu meliputi: identifikasi krisis yang ditemukan yaitu keadaan gedung yang tidak kondusif untuk ditempati sehingga menuntun dan memprioritaskan tamu keluar gedung. Kedua analisis krisis, kedaan hotel yang dinyatakan rusak menyebabkan tamu untuk berada di luar dan mengeluarkan barang-barang yang dapat membantu tamu. Ketiga isolasi krisis, Santika Palu lebih mengarahkan agar para tamu dan karyawan tidak berada di dalam hotel dan tetap berada di titik evakuasi. Tahap keempat pilihan strategi, bersifat transparan terhadap media, memberikan bantuan untuk korban gempa. Sebelum reopening Hotel Santika Palu memanfaaakan media massa dan online dengan mengeluarkan laporan investigasi dari SUCOFINDO. Seteleh reopening juga melakukan kegiatan bersih-bersih di lapangan. Terakhir program pengendalian, menurunkan tim pusat untuk memberikan edukasi dan trauma healing dan memberikan motivasi dan semangat turut diberikan oleh Manager HRD. Peranan Public Relations, penasihat ahli, Public Relations Officer Hotel Santika Palu tidak berperan sebagai penasihat ahli. Peran fasilitator komunikasi lebih dominan. Ketiga, fasilitator proses pemecah masalah, bekerja sama dengan tim HRD dan tim F&B. Teknisi komunikasi, memberikan press release dan menyiapkan bahan berita pasca bencana dan juga memberikan informasi ketika pengadaan reopening. Kata kunci: Peranan Public Relations, Manajemen Krisis, Hotel Santika Palu.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up