JudulPENGARUH MENONTON TAYANGAN DRAMA KOREA DI INTERNET TERHADAP PERFORMA PERILAKU SOSIAL MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS TADULAKO |
Nama: YASHIKA SINURAT |
Tahun: 2019 |
Abstrak Yashika Sinurat, B 501 15 069 “Pengaruh Menonton Tayangan Drama Korea di Internet Terhadap Performa Perilaku Sosial Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Tadulako” Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tadulako. Dibawah bimbingan ibu Sumarni Zainuddin. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan dan pengaruh yang signifikan antara frekuensi, durasi dan ketertarikan menonton tayangan drama Korea di internet dengan performa perilaku sosial mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2016-2018. Tipe penelitian ini menggunakan riset penelitian kuantitatif dengan tipe penelitian eksplanatif. Variabel X yaitu Frekuensi, Durasi, Intensitas sedangkan variabel Y yaitu penampilan berpakaian, ekspresi diri, perilaku, tutur bahasa. Penelitian ini dilakukan di lingkungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tadulako. Variabel yang diteliti adalah variabel bebas menonton tayangan drama Korea, serta variabel terikat performa perilaku sosial. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 610 orang , sehingga dengan rumus slovin didapati sampel sebanyak 86 orang. Teknik penarikan sampelnya menggunakan Probability Sampling dengan jenis Proportionate Stratified Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, dan pengukuran variabel menggunakan skala Likert. Teknik analisis data dan pengujian hipotesis menggunakan korelasi Pearson’s Product Moment dan Regresi Linear Sederhana. Pengujian hipotesis dengan menggunakan rumus korelasi Pearson’s Product Moment (r), hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara menonton tayangan drama Korea dengan performa perilaku sosial. Melihat hasil yang di dapatkan r_hitung sebesar 0,721 sedangkan nilai r_tabel sebesar 0,139. Hal ini berarti pada hipotesis pertama H_a diterima dan H_o ditolak. Pada hasil analisa regresi linear sederhana dengan nilai R Square (R2) sebesar 0,520 atau 52,0% terhadap performa perilaku sosial dan dibuktikan dari hasil nilai koefisien regresi adalah sebesar 0,503 atau adanya pengaruh menonton tayangan drama Korea di internet terhadap performa perilaku sosial mahasiswa ilmu komunikasi angkatan 2016 – 2018. Kata kunci: Drama Korea, perilaku sosial, mahasiswa. |