Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPersonal Branding Content Creator Lokal Dalam Menarik Minat Followers
Nama: ABD AZIS
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Abdul Aziz, B 501 15 068, Personal Branding Content Creator Lokal Dalam Menarik Minat Followers, dibimbing oleh Bapak Edwan, selaku pembimbing I dan Ibu Nurhaidar, selaku pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk melihat personal branding content creator lokal di Kota Palu pada media sosial Instagram. Konsep penelitian ini menggunakan teori Personal Branding oleh Peter Montoya yang terdiri dari tujuh konsep yaitu spesialisasi, kepemimpinan, kepribadian, perbedaan, terlihat, ketekunan, dan nama baik. Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan dasar penelitian menggunakan metode studi kasus. Informan dalam penelitian ini berjumlah dua orang content creator lokal di Kota Palu pada media sosial Instagram. Teknik pengumpulan datanya adalah dengan menggunakan wawancara dan observasi serta teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam akun Instagram @andrijamril dan akun Instagram @luckytembang tidak menerapkan semua konsep personal branding. Ada tujuh kategori saja konsep personal branding yang di miliki dalam menarik minat Followers pada media sosial Instagram seperti spesialisasi kemampuan berbahasa daerah, kepemimpinan mengontrol sebuah personal brand dengan memberi wewenang dimana sumbernya content creator dianggap sebagai pemimpin oleh orang-orang di dalam domain yaitu followers-nya, kepribadian karakter yang unik dalam membuat konten video menggunakan dialeg dan bahasa daerah Kaili Rai, perbedaan ciri khas dalam membuat konten di Instagram, terlihat sebagai content creator lokal Kota Palu dan menjadi brand ambassador dari berbagai tempat usaha yang ada di Kota Palu, ketekunan dalam membuat konten video, dan nama baik content creator lokal bernama Andri Firmansyah pemilik dari akun Instagram @andrijamril sudah di kenal baik dan di ajak berkolaborasi bersama akun public figure yang ada di Kota Palu yaitu akun instagram@diah.puspita79 dan pada isi kontennya menyampaikan pesan kepada kaum milenial Kota Palu agar tetap menggunakan bahasa daerahnya. Lalu pada content creator lokal bernama Lukman pemilik dari akun Instagram @luckytembang sudah dikenal baik dan sudah mendapatkan piagam penghargaan dari TribunPalu.com sebagai Influencer paling ramah se-Kota Palu. Kata Kunci : Personal Branding, Content Creator, Followers, Instagram

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up