JudulStrategi Komunikasi Humas PT. Jasa Raharja Dalam Menginformasikan Produk Asruransi Sosial Di Kota Palu (Studi Pada PT. Jasa Raharja Cabang Palu) |
Nama: ARDIANSYAH |
Tahun: 2020 |
Abstrak Abstrak Ardiansyah, B501 15 065 “Strategi Komunikasi Humas PT. Jasa Raharja dalam Menginformasikan Produk Asuransi Sosial di Kota Palu (Studi pada PT. Jasa Raharja Cabang Palu)” Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tadulako di bawah bimbingan Sitti Murni Kaddi. Masalah dalam penelitian ini terkait kasus yang terjadi berulang kali di PT Jasa Raharja cabang Palu, dimana pihak korban pengurus santunan tidak dapat dicairkan dana asuransinya, dikarenakan jenis kecelakaan yang dialami korban tidak termasuk dari jenis kecelakaan berkendara yang ditanggung oleh Jasa Raharja. Hal tersebut dikarenakan pemahaman masyarakat Kota Palu yang masih rendah terkait jenis asuransi sosial yang disediakan oleh PT. Jasa Raharja. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi komunikasi yang dilakukan oleh Humas Jasa Raharja cabang Palu dalam menginformasikan produk asuransi sosial yang ditawarkan oleh PT. Jasa Raharja kepada masyarakat Kota Palu. Penelitian ini dilakukan di PT. Jasa Raharja Cabang Palu, Sulawesi Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi. Informan dalam penelitian ini berjumlah enam (6) orang. Semua telah dipilih secara purposive sampling. Adapun teknik analisis data pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi komunikasi yang dilakukan oleh Humas Jasa Raharja cabang Palu menggunakan peran Humas sebagai komunikator dalam kegiatan sosialisasi police & Jasa Raharja goes to campus and safety riding, yang mana isi pesan yang disampaikan terkait asuransi sosial kecelakaan berkendara yang merupakan tanggungan wajib, serta peran dan fungsi dari Jasa Raharja. Dalam penyebaran informasinya Humas Jasa Raharja cabang Palu berperan dalam menyusun perencanaan dalam memilih media-media yang digunakan yang diantaranya adalah media cetak selebaran brosur, media sosial instagram, facebook, aplikasi JRku dan website resmi JasaRaharja.co.id. adapun kemudian yang menjadi komunikan atau target pesan yang dikirm oleh komunikator alias Humas Jasa Raharja cabang Palu adalah masyarakat yang berada di Kota Palu. Kata Kunci : Humas, Strategi komunikasi Humas, Asuransi Sosial |