JudulStrategi Komunikasi Pemasaran KFC Cabang Juanda Dalam Menghadapi KFC Cabang Hassanudin Sebagai Kompetitor (Studi Kasus Pada KFC Cabang Palu, Jalan Juanda) |
Nama: DINI DWICAHYO |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Dini Dwicahyo, B 501 15 048 “Strategi Komunikasi Pemasaran KFC Cabang Cabang Juanda Dalam Menghadapi KFC Cabang Hassanudin Sebagai Kompetitor (Studi Kasus Pada KFC Cabang Palu, Jalan Juanda)” Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, dibawah bimbingan Ilyas, selaku pembimbing I dan Dyah Fitria Kartika Sari, selaku pembimbing II. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh KFC cabang Palu, Jalan Juanda dalam menghadapi KFC Cabang Hassanudin. Penelitian ini pun didukung oleh teori empat aspek strategi komunikasi pemasaran dimana melalui empat espek tersbut akan diketahui sejauh mana strategi komunikasi yang dilakukan oleh KFC Cabang Juanda selama ini. Peneltian ini menggunakan pendekatan tipe penelitian deskriptif kualititif yang bertujuan untuk meneliti suatu fenomena yang terjadi secara nyata dan dialami oleh subyek penelitian juga mendeskripsikan secara sistematis, faktual, serta akurat terhadap sesuatu yang menjadi obyek penelitian. Landasan teori yang digunakan pada penelitian ini yaitu strategi komunikasi pemasaran melalui empat aspek strategi produk, strategi harga, strategi tempat, dan strategi promosi. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh KFC cabang juanda selalu menginovasi strategi komunikasi pemasaran mereka untuk mendatangkan konsumen dan juga keuntungan. KFC cabang juanda mampu memanfaatkan brand image yang mereka miliki untuk menarik konsumen. Produk yang diolah dengan baik, harga yang disesuaikan dengan kemampuan konsumen, lokasi yang strategis di tengah Kota, dan promosi yang bervariasi setiap harinya. Inilah yang membuat KFC cabang Juanda masih bisa bersaing dengan restoran cepat saji lainnya di Kota Palu. Kata Kunci: Strategi Komunikasi Pemasaran, KFC, Studi Kasus |