JudulStrategi Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Pemasang Iklan Di Radar Sulteng |
Nama: ADINDA FAHRIAH |
Tahun: 2022 |
Abstrak Adinda Fahriah, B 501 15 044, Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Pemasang Iklan Di Radar Sulteng, dibimbing oleh Bapak Muh. Khairil, selaku pembimbing I dan Ibu Rizky Alfiyati, selaku pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan Radar Sulteng dengan metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Informan dalam penelitian ini berjumlah tujuh orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara mendalam. Teknik analisis data menggunakan analisis data menggunakan analisis data kualitat if. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Radar Sulteng melakukan strategi dengan menggunakan empat elemen yaitu : Iklan, Pemasaran Langsung, Promosi Penjualan, Humas. Dalam iklan Radar Sulteng tidak melakukan pemasangan iklan pada media lain, Radar Sulteng hanya bekerja sama pada mitra dengan meliput kegiatan yang diselenggarakan oleh mitra dengan feedback menaikkan logo Radar Sulteng pada baliho/spanduk kegiatan tersebut. Dalam pemasaran langsung Radar Sulteng selalu melakukannya sekaligus dengan penjualan pribadi, karena pasca bencana alam dan adanya pandemi covid-19, Radar Sulteng menganggap pemasaran langsung yang dilakukan secara pribadi lebih efektif bila dilakukan. Dalam promosi penjualan Radar Sulteng memberikan service kepada pelanggan dengan menerbitkan iklan mitra tidak hanya di media cetak melainkan juga di akun media sosial resmi Radar Sulteng seperti Instagram, facebook, twitter. Hal itu dilakukan tidak lagi adanya penambahan biaya. Radar Sulteng juga memberikan media cetak yang adanya hasil iklan mitra yang terbit. Dalam hubungan masyarakat Radar Sulteng tidak memiliki bidang humas, tapi secara tidak langsung peran humas dilakukan, karena bidang- bidang yang ada pada Radar Sulteng sifatnya saling mengisi bilamana ada kekurangan. Maka dari itu peran humas selalu dilakukan untuk menjaga dan merawat relasi yang sudah ada ataupun yang baru ingin dicari. Maka dari itu pentingnya Radar Sulteng aktif dalam mendatangi calon konsumen sekaligus menjelaskan seperti apa kalau beriklan di Radar Sulteng. Kondisi Radar Sulteng saat ini bisa dikatakan dalam kondisi stagnan yang tidak sedang menaik dan tidak pula sedang menurun. Kata Kunci : Strategi Pemasaran |