JudulSTRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PAKET-PAKET WISATA ALAM BAHARI PARA PELAKU USAHA PARIWISATA DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH KUNJUNGAN WISATAWAN DI DESA BOMBA KABUPATEN TOJO UNA-UNA |
Nama: TAUFIQ A. PALILI |
Tahun: 2021 |
Abstrak Taufiq A. Palili B50115039. Program Studi Ilmu Komunikasi. Konsentrasi Public Relations. Dengan Judul Skripsi Strategi Komunikasi Pemasaran Paket – Paket Wisata Alam Bahari Para Pelaku Usaha Pariwisata Dalam Upaya Meningkatkan Jumlah Kunjungan Wisatawan Di Desa Bomba Kabupaten Tojo Una-una Dibawah Bimbingan Ibu Hj. Sumarni Zainuddin Sebagai Pembimbing Utama. Penulisan karya tulis ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran paket-paket wisata alam bahari yang dilakukan oleh pelaku usaha pariwisata Desa Bomba dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan. Adapun yang menjadi latar belakang penulisan ini adalah dengan banyaknya sumber daya yang dimiliki Kepulauan Togean termasuk Desa Bomba, namun belum menjadi primadona bagi wisatawan. Tipe penelitian yang digunakan adalah Deskriptif. Dasar penelitian adalah wawancara mendalam dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling dan informan berjumlah 5 orang, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan wawancara. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa iklan yang digunakan adalah media luar ruang dengan menempatkan poster di pelabuhan atau penginapan di Kota Ampana, pemasaran langsung yaitu memberi informasi secara langsung kepada calon pelanggan melalui situs web resmi, interaktif/internet marketing yang dilakukan lewat media sosial dengan memposting kegiatan sehari-hari, tidak adanya promosi penjualan terhadap paket-paket wisata alam bahari, tidak menetapkan seorang sebagai praktisi humas, penjualan personal yang dilakukan yaitu saat berada di luar negeri dan memberi informasi kepada kenalan atau orang lain agar mau berlibur ke resort mereka, penjualan personal lain yang di lakukan yaitu membujuk tamu yang ada agar mau berkunjung lagi ke resort mereka di lain waktu ketika datang kembali ke Kepulauan Togean, komunikasi dari mulut ke mulut yang bukan bagian dari elemen bauran promosi menjadi salah satu yang dilakukan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan. Strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh para pelaku usaha pariwisata di Desa Bomba yaitu dengan memperbanyak relasi dengan orang dan juga memperbaiki pelayanan kepada tamu atau pengunjung. |