JudulAnalisis Semiotika Pesan Edukasi Dalam Serial Animasi Kartun Nussa Rarra |
Nama: TIAN FISARI |
Tahun: 2022 |
Abstrak Latar belakang penelitian adalah pesan edukasi yang diperlihatkan oleh seorang anak penyandang disabilitas pada animasi yang berjudul Nussa Rarra. Tujuan penelitian untuk mengetahui pesan edukasi yang diperlihatkan seorang penyandang disabilitas pada animasi Nussa dan Rarra. Penelitian menggunakan metode analisis semiotika Roland Barthes yakni makna denotasi, konotasi dan mitos. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan unit analisis ini menggunakan analisis semiotika Roland Barthes. Adapun unit analisisnya ialah adegan-adegan dari serial animasi Nussa Rarra yang telah dipilih oleh penulis berdasarkan adegan yang memperlihatkan pesan edukasi yang berfokus pada dialog dan adegan dari animasi Nussa dan Rarra. Serta untuk pengambilan unit analisis pada animasi Nussa Rarra berjumlah enam episode yang didalamnya menggambarkan atau memperlihatkan pesan edukasi yang diperlihatkan oleh seorang penyandang disabilitas. Berdasarkan hasil unit analisis dapat disimpulkan bahwa enam episode animasi Nussa Rarra mengandung pesan edukasi, dan implementasinya ada pada hasil jadinya yaitu pada serial animasi itu sendiri, melalui adegan dan dialog yang ada pada animasi tersebut. Representasi pesan edukasi yang diperlihatkan oleh seorang penyandang disabilitas pada serial animasi tersebut yaitu tolong menolong, ikhlas, menjaga kebersihan, pantang menyerah dan berolahraga. Nilai edukasi yang ditampilkan mengajarkan siapapun terutama anak-anak senantiasa mengamalkan kebaikan yang dapat dilakukan dimana saja, dalam keadaan apa saja dan dengan siapa saja. Selain itu memberikan pembelajaran mengenai disabilitas bahwa keterbatasan tidak menghalangi seseorang untuk meraih mimpi. Kata Kunci : Animasi, Pesan Edukasi, Roland Barthes |