JudulGaya Komunikasi Guru SMP Negeri 8 Palu Dalam Menghadapi Perilaku Siswa Kelas Vii Dan Viii (Studi Kasus Pada Siswa SMP Negeri 8 Palu) |
Nama: DEVI FATIKASARI |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK Devi Fatikasari, B 501 15 018. Gaya Komunikasi Guru SMP Negeri 8 Palu Dalam Menghadapi Perilaku Siswa Kelas Vii Dan Viii (Studi Kasus Pada Siswa SMP Negeri 8 Palu) Dibimbing oleh Dr. Sitti Murni Kaddi, S.Sos, M.I.Kom sebagai pembimbing 1. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi guru SMP Negeri 8 palu dalam menghadapi perilaku siswa kelas VII dan VIII pada proses belajar mengajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru SMP Negeri 8 Palu. Penentu subjek penelitian, yakni purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan wawancara mendalam. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yakni reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa, Gaya Komunikasi guru SMP Negeri 8 palu melalui teori liliweri dalam proses belajar mengajar setiap Guru SMP Negeri 8 Palu mempunyai gaya masing-masing dalam membentuk karakter siswa mereka. Meski dalam pendektan yang berbedanamunselalupadagayakomunikasi yang sama yakni bertindak tegas adalah pilihan bersama dalam membentuk karakter siswa. Adapun gaya komunikasi yang digunakan oleh guru SMP Negeri 8 Palu Gaya komunikasi emotive style traits, dan reflective style traits. Namun, dari beberapa gaya komunikasi yang digunakan guru-guru SMP Negeri 8 Palu tersebut yang paling mendominasia dalah gaya komunikasi emotive style traits. Kata Kunci : Gaya Komunikasi, Guru SMP Negeri 8 Palu, Proses belajar mengajar, Siswa. |