JudulPemanfaatan Media Sosial (INstagram) Box Coffee Dalam Meningkatkan Penjualan |
Nama: ARIYANTO |
Tahun: 2022 |
Abstrak Ariyanto. B 501 14 129. Program Studi Ilmu Komunikasi Konsentrasi Jurnalistik. Skripsi PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL (INSTAGRAM) BOX COFFEE DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN. Di Bimbing Oleh Hj.Sumarni Zainuddin dan Citra Antasari. Instagram adalah salah satu media sosial populer di Indonesia yang jumlah pengguna instagram aktif mencapai 22 juta orang. Sehingga saat ini media sosial Instagram banyak dimanfaatkan sebagai media promosi oleh para pemilik usaha kuliner untuk menunjang penjualan mereka. Box Coffe sebagai salah satu usaha kuliner di kota Palu yang juga memnfaatkan media Instagram, peneliti tertarik untuk meninjau bagaimana pemanfaatan media sosial instagram oleh owner box coffee dalam meningkatkan penjualan. Penelitian ini berlandas pada pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif konsep yang bertujuan memberikan gambaran sistematis dan menganalisis objek yang diteliti. Adapun yang menjadi subjek penelitian pada penelitian ini adalah pemilik atau owner box coffee dengan melalui teknik purposive dan objek dalam peneletian ini yaitu pemanfaatan media sosial Instagram untuk mendapatkan kepercayaan dan kemudahan dengan melalui 4 tahapan teori menuurut Denis McQuail difusi inovasi yaitu pengetahuan, persuai, keputusan dan konfirmasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara mendalam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa box coffee berhasil meningkatkan penjualan melalui media sosial Instagram karena mendapatkan keperacayaan dan kemudahan dalam memanfaatkan media sosial Instagram dengan melalui 4 tahapan yaitu tahap pengetahuan di mana owner box coffe sadar akan kemudahan dalam memanfaatkan media instagram, tahap persuasif di mana pada tahap ini owner box coffe mempengaruhi khalayak melalui inovasi yang di berikan media sosial instagram yaitu fitur-fitur instagram dan pada tahap keputusan owner box coffe menjadikan media instagram sebagai media promosi yang utama hingga sampai pada tahap konfirmasi di mana owner box coffe semakin percaya akan keputusan untuk menggunakan instagram sebagai alat promosi dalam meningkatkan penjualan. Kata Kunci: Media Sosial, instagram, iklan, divusi inovasi |