JudulKOMUNIKASI PERSUASIF RUMAH BACA TODEA DALAM MENGGERAKKAN MINAT BACA ANAK DI DESA KOTARINDAU KECAMATAN DOLO KABUPATEN SIGI |
Nama: AHMAD ANSHARI S. BAYYAN |
Tahun: 2022 |
Abstrak Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui Komunikasi persuasif rumah baca todea dalam menggerakan minat baca anak di Desa Kotarindau. Tipe penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dasar penelitian ini menggunakan studi kasus. Tinjauan teori mengacu tentang Komunikasi Persuasif yang meliputi komponen afektif, komponen Kognitif, dan komponen perilaku dengan subjek purposive sampling. Adapun, jenis data menggunakan data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara mendalam secara terfokus. Analisis data ditempuh melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penilitian ini menunjukan bahwa komunikasi persuasif yang dilakukan oleh Rumah Baca Todea dalam menggerakan minat baca di Desa Kotarindau, tidak terlepas dari program yang sifatnya edukasi dan selalu menghadirkan warna baru bagi anak-anak agar tetap konsisten untuk membaca. Upaya yang dilakukan Rumah baca todea dalam menarik minat baca bisa terbilang cukup signifikan yakni dengan mengadakan kegiatan hanya berfokus untuk menumbuh kembangkan minat baca dari anak-anak di Desa Kotarindau. Respon positif dari masyrakat setempat juga dirasakan bahkan dikalangan pemerintah setempat ikut mendukung kegiatan Rumah Baca Todea. |