Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulREBRANDING KABUPATEN POSO SEBAGAI TUJUAN WISATA
Nama: NABILLAH SASHA MONICA
Tahun: 2019
Abstrak
ABSTRAK Nabillah Sasha Monica, B 501 14 111, Rebranding Kabupaten Poso Sebagai Tujuan Wisata dibimbing oleh Andi Akifah selaku pembimbing I dan Rizqy selaku pembimbing II . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses rebranding yang dilakukan Dinas Pariwisata Kabupaten Poso. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan lokasi penelitian yang bertempat di Dinas Pariwisata Kabupaten Poso jalan Yos sudarso No.1, Kasintuwu, Poso Kota Utara, Kabupaten Poso. Informan dalam penelitian ini berjumlah empat orang yang dipilih melalui purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara mendalam. Teknik analisis data menggunakan analisis data menggunakan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Dinas Pariwisata Kabupaten Poso melakukan rebranding melalui empat tahap yang digunakan yaitu: (1) Repositioning, (2) Renaming, (3) Redesigning, (4) Relaunching. Dalam melakukan repositioning Dinas Pariwisata Kabupaten Poso yang awalnya dikenal sebagai kabupaten konflik pasca terjadinya konflik antara suku dan agama yang menelan banyak korban serta kerugian materi. Ingin memposisikan sebagai Kabupaten Poso yang aman dan damai. Melalui visi dan misinya yaitu menjadikan Kabupaten Poso yang aman, damai, dan adil. Dalam proses Renaming Dinas Pariwisata Kabupaten Poso mengubah tagline yang semulanya mandago-dago ri tanah Poso, kemudian menjadi the land of thousand megaliths. Dalam melakukan redesigning Dinas Pariwisata Kabupaten Poso mengubah brosur dan booklet setelah melakukan proses rebranding, selain itu juga Dinas Pariwisata Kabupaten Poso menggunakan logo wonderful Poso yang bericon patung palindo setelah proses rebranding. Dan tahap terakhir yaitu relauching, dimana pada tahap ini dilakukan usaha untuk mengkomunikasikan perubahan kepada publik agar membentuk kesadaran masyarakat luas. Media merupakan salah satu satu informasi yang banyak di gunakan wisatawan ketika ingin mengetahui informasi-informasi mengenai Kabupaten Poso. Dalam hal ini dinas pariwisata Kabupaten Poso menggunakan media cetak, media sosial, media elektronik, website, Kata Kunci : Rebranding, Dinas Pariwisata, Kabupaten Poso

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up