Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPERAN KOMUNIKASI PIMPINAN DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR BADAN PENELITIAN, PENGEMBANGAN DAN INOVASI DAERAH PROVINSI SULAWESI TENGAH
Nama: DEWI SINTA
Tahun: 2022
Abstrak
K Dewi Sinta 2021, Peran Komunikasi Pimpinan dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai pada kantor Badan Penelitian Pengembangan dan Inovasi Daerah Provinsi Sulawesi Tengah, (dibimbing oleh Sumarni Zainuddin dan Israwaty Suriady). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran komunikasi yang dilakukan oleh pimpinan dalam meningkatkan kinerja pegawai pada kantor Badan Penelitian Pengembangan dan Inovasi Daerah Provinsi Sulawesi Tengah. Tipe penelitian yang digunakan ialah deskriptif kualitatif yaitu Tipe digunakan untuk memberikan gambaran dan menguraikan tentang objek yang diteliti. Penelitian dilaksanakan di kantor Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah Provinsi Sulawesi Tengah dan termasuk dalam kategori informan yaitu Kapala Bagian kepegawaian dan umum, kepala bidang ekonomi dan pembangunan, dan pegawai PNS. Konsep penelitian mengacu pada teori peranan informasi pimpinan menurut Henry Mintzberg, dengan dasar penelitian menggunakan metode studi kasus. Penetapan subjek penelitian dilakukan dengan purposif sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara mendalam, setelah itu hasil penelitian dipaparkan secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada tiga peran komunikasi yang dijalankan oleh pimpinan kantor Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Daerah Provinsi Sulteng dalam meningkatkan kinerja pegawai dilakukan melalui tiga peranan yang pertama (1).Peranan monitor, pimpinan berupaya untuk selalu memantau informasi dari pegawai di lingkungan organisasi secara langsung maupun tidak langsung baik antar pribadi maupun kelompok dalam rapat internal dengan tujuan mencari informasi, yang sifatnya penting untuk diketahui dan di himpun untuk dilakukan perbaikan jika terjadi kesalahan dalam pekerjaan. (2). Peranan penyebar,dalam menjalankan peranannya, pimpinan berupaya menghimpun segala bentuk informasi baik dari luar mau didalam organisasi kemudian akan disebarkan kepada bawahan serta penyebaran informasi dilakukan melalui rapat internal, dan melalui media yaitu surat edaran dan whatshapp sebagai saluran komunikasi untuk menyebarluaskan informasi.(3).Peranan Juru bicara, pimpinan menjadi penghubung antara pihak organisasi dan khalayak yaitu melakukan rapat kerjasama untuk menginformasikan tentang lembagannya kepada pihak-pihak yang terkait dengan cara mengkordinir pegawai untuk melaksanakan tugas dalam menyediakan informasi untuk tujuan publikasi dan melakukan pelaporan kepada pemerintah (gubernur) tentang tugas dan tanggung jawabnya telah berjalan sesuai visi,misi organisasi. Kata kunci: Peranan komunikasi, kinerja

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up