JudulPemanfaatan Fitur Facebook Marketplace Dalam Promosi Produk Aeri Id Di Kota Palu |
Nama: MUHAMMAD IMAN KURNIA |
Tahun: 2021 |
Abstrak Kegiatan promosi penting dilakukan jika pelaku usaha ingin mengembangkan usahanya untuk lebih jauh dikenal dan diterima khalayak luas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan fitur Facebook Marketplace dalam promosi produk Aeri Id. Penelitian ini berlandaskan pada pendekatan metode deskriptif kualitatif yang bertujuan digunakan untuk memberikan gambaran dan menguraikan tentang keseluruhan objek yang diteliti sesuai dengan data diperoleh. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi wawancara mendalam dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini sebanyak empat (4) orang. Adapun teknik analisis data yang digunakan berdasarkan pedoman pada langkah-langkah analisis data penelitian kualitatif, yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Aeri Id dalam melakukan promosi produknya yaitu dengan memanfaatkan fitur Facebook Marketplace sebagai media penghubung dengan konsumen dan menjadi saluran informasi-informasi terkait produknya. Marketplace sebagai alat bantu Aeri Id menjangkau khalayak seluas-luasnya. Kemudahan melakukan promosi di Marketplace yang praktis dan murah mampu memberikan peluang Aeri Id sehingga dapat bertahan sampai sekarang dalam menjalankan usahanya. Kata kunci: Pelaku Usaha, Facebook Marketplace, Promosi Produk, Aeri Id |