JudulINDIEPALU SEBAGAI MEDIA PROMOSI ONLINE BAND INDIE DI KOTA PALU |
Nama: MUHAMMAD IQBAL |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Muhammad Iqbal. B 501 14 091. Jurusan Ilmu Komunikasi Konsentrasi Public Relations. Skripsi Indiepalu Sebagai Media Promosi Online Band Indie Di Kota Palu Dibawah bimbingan Hj. Sumarni Zainuddin Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana media IndiePalu dalam mempromosikan karya band atau musisi di Kota Palu agar di kenal oleh masyarakat luas. Tipe penelitian yang digunakan adalah tipe deskriptif kualitatif. Dasar penelitian yang digunakan peneliti adalah analisis sumber. penelitian ini memiliki informan sebanyak lima orang yang terdiri dari Owner, Ketua redaksi, Admin, fotografer dan videographer dan juga editor dari media IndiePalu, Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara mendalam, Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yakni reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media IndiePalu sangat berperan untuk menaikan eksistensi bagi musisi atau band yang ada di Kota Palu, dalam hal ini media IndiePalu menggunakan tiga tujuan promosi yaitu: a. informing yaitu menginformasikan semua karya-karya yang di tampilkan oleh band atau musisi yang di Kota Palu melalui akun media sosial Instagram IndiePalu, bukan hanya itu media IndiePalu juga menginformasi kepada khalayak tentang event- event yang di adakan oleh band atau musisi yang ada di Kota Palu. yaitu dengan cara mengemas informasi-informasi yang mereka kumpulkan menjadi suatu design ataupu konten yang menarik untuk di upload di Instagram mereka. b. Persuading yaitu membujuk para khalayak kota Palu untuk tetap mau mendengarkan karya-karya dari band atau musisi di Kota Palu, dengan cara menarik perhatian khalayak ataupun followers untuk ikut menghadiri ataupun datang langsung di event-event yang dibuat oleh band atau musisi yang ada di Kota Palu agar mereka dapat meresakan penampilan live oleh para band tersebut. c. Reminding yaitu mengingatkan para khalayak tentang band band yang masih aktif ataupun panggung musisk yang masih berjalan sampai saat ini. bisa di bilang media IndiePalu berhasil untuk meningkatkan eksistensi dari band atau musisi yang masuk di media Instagram mereka dengan strategi yang di miliknya, band atau musisi pun juga mempunyai genre dan ciri khas di setiap penamapilan mereka, IndiePalu menjadi yang pertama unutk membahas perkembangan musik atapun panggung musik di kota Palu, itu menjadikan banyak band atau musisi yang ingin masuk dan di promosikan di media IndiePalu sampai saat ini. Kata Kunci : IndiePalu, Media Promosi, Band Indie |