JudulEFEKTIFITAS PESAN GENRE DI AKUN INSTAGRAM GENRE SULTENG DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN SEPUTAR DUNIA KESEHATAN |
Nama: ZULFIKAR |
Tahun: 2023 |
Abstrak ABSTRAK Zulfikar, B 501 14 089, Efektivitas Pesan GenRe di Akun Instagram GenRe Sulteng Dalam Meningkatkan Pengetahuan Tentang Seputar Dunia Kesehatan. dibimbing oleh Ibu Hj. Sumarni Zainuddin selaku pembimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Pesan Generasi Berencana (GenRe) di akun Instagram GenRe Sulteng Dalam Meningkatkan Pengetahuan Tentang Seputar Dunia Kesehatan, serta memberikan informasi mengenai pesan-pesan GenRe untuk mudah dipahami kepada seluruh anggota masyarakat terutama kalangan remaja saat ini demi tercapainya Indonesia emas. Program GenRe bertujuan untuk meningkatkan pemahaman, pengetahuan, serta sikap dan perilaku positif remaja tentang kesehatan dan hak-hak reproduksi, guna meningkatkan derajat kesehatan reproduksinya dan menyiapkan kehidupan berkeluarga dalam upaya peningkatan kualitas generasi mendatang. Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan dasar penelitian menggunakan metode survei. Lokasi penelitian bertempat di Kota Palu, Sulawesi Tengah. Variabel yang diteliti adalah variabel tunggal dengan berlandaskan empat indikator, yaitu menarik perhatian, mudah dipahami, memenuhi kebutuhan, dan menimbulkan solusi. Populasi dalam penelitian ini adalah remaja yang ada di Kota Palu baik yang follow (mengikuti) akun Instagram ataupun yang pernah melihat postingan GenRe meskipun tidak mengikuti Instagram, dengan teknik penarikan sampel yang digunakan, yaitu menggunakan metode survey. Pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner dan pengukuran variabel menggunakan skala likert. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah tabel distribusi frekuensi dan presentase tunggal dengan menggunakan bantuan program SPSS For Windows Realease 22.0. Hasil penelitian secara keseluruham menunjukkan bahwa Efektifitas Pesan GenRe di akun Instagram GenRe Sulteng efektif dengan jumlah persentase 87,32% sebagai sumber informasi pesan-pesan dengan berlandaskan hasil yang diperoleh melalui variabel menarik perhatian mendapatkan hasil yang efektif, variabel mudah dipahami, memenuhi kebutuhan dan menimbulkan solusi didapatkan hasil sangat efektif. Kata Kunci : Instagram, Efektivitas, Pesan, GenRe. |