Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulSTRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DINAS PARIWISATA KABUPATEN DONGGALA DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN PASCA GEMPA DAN TSUNAMI
Nama: REZKY RENALDY
Tahun: 2022
Abstrak
ABSTRAK Rezky Renaldy, B 501 14 077 “Strategi Komunikasi Pemasaran Dinas Pariwisata Kabupaten Donggala Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Pasca Gempa dan Tsunami”, Universitas Tadulako dibawah bimbingan Sumarni Zainuddin. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi komunikasi yang dilakukan Dinas Pariwisata Kabupaten Donggala dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan pasca gempa dan tsunami dan mengetahui dampak bencana terhadap strategi komunikasi pemasaran melalui promosi wisata yang dilakukan Dinas pariwsisata Kabupaten Donggala dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan pasca gempa dan tsunami. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara mendalam. Informan dalam penelitian ini berjumlah tiga (3) orang yaitu Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Donggala, Kepala Bidang Usaha dan Pemasaran Pariwisata, dan Kepala Bidang Destinasi Wisata. Berdasarkan hasil penelitian yang ditemukan bahwa Dinas Pariwisata Kabupaten Donggala menggunakan baruan promosi periklanan (advertising) dalam bentuk brosur dan bekerja sama dengan akun media sosial @like_donggala, acara dan pengalaman (event and experience) dalam bentuk kegiatan Pesona Donggala untuk memperkenalkan objek wisata yang ada di Kabupaten Donggala. Hubungan masyarakat (public relations) dalam bentuk promosi tempat wisata, kampanye program pariwisata dan pengenalan budaya serta objek wisata. Dampak lain dari bencana di Kabupaten Donggala yaitu Kabupaten Donggala yang awalnya tidak terkenal menjadi terkenal setelah bencana yang terjadi, sehingga akan lebih mudah menarik perhatian calon wisatawan untuk berkunjung ke Kabupaten Donggala. Bauran promosi yang dilakukan Dinas Pariwisata Kabupaten Donggala dapat menarik wisatawan pasca bencana meskipun pemanfaatan media sosial belum berjalan secara maksimal. Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Promosi Pariwisata Kabupaten Donggala

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up