JudulPENGARUH TERPAAN IKLAN SHOPEE DI TELEVISI TERHADAP MINAT BELANJA ONLINE MASYARAKAT KOTA PALU |
Nama: Aprianto Gayang |
Tahun: 2019 |
Abstrak Aprianto Gayang, B 501 14 043 "Pengaruh Terpaan Iklan Shopee Di Televisi Terhadap Minat Belanja Online Masyarakat Kota Palu" Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tadulako. Dibimbing Oleh Hj. Israwati Suriady, S.Sos, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur ada tidaknya pengaruh yang signifikan antara terpaan iklan Shopee di televisi terhadap minat belanja online masyarakat Kota Palu. Penelitian ini didasarkan pada teori S-O-R (Stimulus Organisme Respon) yang dikembangkan oleh Windahl dan McQuail. Tipe penelitian yang digunakan adalah tipe penelitian kuantitatif eksplanatif. Sedangkan, dasar penelitian yang digunakan adalah metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kota Palu yang pernah melihat iklan Shopee di televisi dan pernah melakukan belanja online melalui Shopee. Jumlah populasi dalam penelitian ini tidak diketahui atau dapat dikategorikan dalam populasi tak terhingga. Sehingga, metode pengambilan sampel menggunakan metode non-probability sampling dengan teknik accidental sampling. Kriteria responden yang menjadi sampel penelitian ini adalah pernah melihat iklan Shopee di televisi minimal tiga kali dan pernah melakukan belanja online melalui Shopee minimal satu kali. Adapun jumlah sampel ditentukan berdasarkan rumus Lemeshow yaitu sebanyak 70 (tujuh puluh) orang. Terdapat dua variabel dalam penelitian ini, yaitu terpaan iklan Shopee di televisi sebagai variabel independen (X) dan minat belanja online sebagai variabel dependen (Y). Skala pengukuran instrumen penelitian menggunakan skala likert 1 – 4. Hasil uji validitas membuktikan setiap item pertanyaan dinyatakan valid. Hasil uji reliabilitas diketahui Alpha Cronbach's 0.675 > nilai rtabel 0.195. Sedangkan, hasil uji normalitas diketahui nilai sig. Kolmogorov-Smirnov 0,200 > 0,10. Hasil uji regresi linier sederhana diketahui nilai Constant (a) sebesar 26,168 atau jika terpaan iklan = 0 maka minat belanja online bernilai positif 26,168. Sedangkan nilai koefisien regresi (b) sebesar 0,041 atau kontribusi variabel terpaan iklan tehadap minat belanja online masyakat Kota Palu adalah sebesar 4,1%. Hasil uji t diketahui nilai thitung 0,779 < ttabel 1,670 maka, diperoleh kesimpulan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima atau tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara terpaan iklan Shopee di televisi terhadap minat belanja online masyarakat Kota Palu. Berdasarkan hasil uji hipotesis, maka penelitian ini dinyatakan tidak dapat digeneralisasikan terhadap populasi yang ada, dan hanya berlaku pada sampel yang telah di uji. Kata Kunci : Terpaan Iklan, Minat Belanja, Shopee, Stimulus Organisme Respon. |