Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPengaruh Informasi K-pop Terhadap Ketergantungan Penggunaan Media Sosial Di Kalangan Siswa Kelas X SMA Negeri Model Terpadu Madani Palu
Nama: Nikmatusholeha
Tahun: 2019
Abstrak
ABSTRAK Nikmatusholeha (B 501 14 035). Pengaruh Informasi K-pop Terhadap Ketergantungan Penggunaan Media Sosial di Kalangan Siswa Kelas X SMA Negeri Model Terpadu Madani Kota Palu. Dibimbing Oleh Bapak Muhammad Khairil, selaku pembimbing I, dan Bapak Muh. Isa Yusaputra, selaku pembimning II Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh dari informasi K-Pop (X) yang meliputi: frekuensi (X1), durasi (X2), atensi (X3) terhadap ketergantungan penggunaan media sosial remaja di Kota Palu (Y). Penelitian ini pun didukung oleh teori ketergantungan media atau, dimana media saat ini memiliki pengaruh terhadap sikap pada seseorang yang terus menggunakan media sosial dalam mengakses informasi K-Pop di kesehariannya. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sifat penelitian eksplanatif. Metode penelitian yang digunakan adalah survey, dengan jumlah populasi 240 siswa penggemar K-Pop, Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan menyebarkan kuesioner. Penarikan sampel dilakukan dengan dengan metode purposive sampling dan menggunakan rumus Slovin sebagai penentuan sampel, dari perhitungan sampel tersebut ditentukan jumlah sampel sebanyak 71 siswa kelas X dari SMA Negeri Model Terpadu Madani Palu, yang dapat mewakili remaja yang mengakses informasi K-Pop di Kota Palu. Media sosial yang paling sering digunakan dalam mengakses informasi K-Pop adalah Instagram dengan persentasi sebesar 50%, kemudian media sosial LINE, twitter, dan Facebook. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh akses informasi K-Pop terhadap tingkat ketergantungan penggunaan media sosial remaja di Kota Palu dengan nilai kontribusi 76,1%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang kuat, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel di luar penelitian ini. Apabila dilihat dari hasil penelitian pelajar memiliki kecenderungan untuk selalu menggunakan media sosial untuk mengakses informasi K-Pop. Kata Kunci : Ketergantungan Media, Korean Wave, Media Sosial

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up