JudulKomunikasi Interpersonal Perawat Dalam Melayani Pasien Di Rumah Sakit Umum Daerah Undata Provinsi Ulawesi Tengah |
Nama: EVITA DAMARA |
Tahun: 2019 |
Abstrak Tujuan penelitian untuk mengetahui komunikasi interpersonal perawat dan pasien di Rumah Sakit Umum Daerah Undata Provinsi Sulawesi Tengah Ruang Seroja Kelas 3. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi langsung dan wawancara. Dalam penelitian ini sebanyak 9 orang informan yang terdiri 5 perawat dan 4 pasien. Subjek penelitian melalui purposive sampling dapat memberikan informasi akurat sesuai dengan kebutuhan dan objek penelitian. Analisis data dirangkum secara deskriptif untuk membantu menentukan kesulitan yang diungkapkan oleh subjek penelitian sendiri sesuai dengan realitanya. Temuan penelitian dapat di lihat bahwa Keterbukaan yang dilakukan perawat kepada pasien dapat menyingkirkan pikiran negatif yang ada pada pasien-pasien yang dirawat. Empati yang ditunjukan oleh para perawat kepada pasien membuat mereka lebih memahami masalah pasien mereka. Sikap mendukung perawat menciptakan suasana komunikasi yang ramah dengan pasien mereka. Sikap positif tidak mengancam pasien mereka, tetapi membangun semangat pasien, dan kesetaraan tidak membedakan latar belakang pendidikan dan ekonomi rendah dalam perawatan pasien. Komunikasi yang dilakukan oleh perawat dan pasien sesuai dengan standar operasional prosedur yang ada di Rumah Sakit, sehingga perawat mampu membimbing komunikasi dengan baik dan benar dan mematuhi peraturan yang berlaku di Rumah Sakit. |