Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulHubungan Antara Implementasi Program Corporate Sosial Responsibility (CSR) PT. Donggi Senoro LNG (Liquefied Natural Gas) Terhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat Di Desa Uso Kec. Batui Kab. Banggai
Nama: SULISTIANI
Tahun: 2019
Abstrak
PT. Donggi Sinoro LNG (Liquefied Natural Gas) merupakan proyek LNG (Liquefied Natural Gas) pertama di Indonesia yang dikembangkan berdasarkan Undang-Undang RI No.22 Tahun 2001 tentang “Kegiatan Usaha Hilir”. Sejak tahun 2008, PT. DSLNG ini telah menerapkan berbagai program tanggung jawab sosial. Penerapan program ini dilakukan selain dengan tujuan pembangunan milenium, acuan CSR DSLNG juga mengadopsi prinsip Global Compact maupun prinsip Keberlanjutan Bank Dunia dan pemberdayaan menjadi kata kunci dalam pelaksanaan program CSR DSLNG. Tujuan penelitian untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan yang signifikan antara implementasi program CSR PT. DSLNG terhadap tingkat kepuasan masyarakat di Desa Uso. Penelitian ini menggunakan tipe eksplanatif dengan dasar metode survei yang dilakukan di Desa Uso. Variabel yang diteliti adalah variabel independen yaitu implementasi program CSR PT. DSLNG dan variabel dependen yaitu tingkat kepuasan masyarakat di Desa Uso. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan Simpel random sampling yang berjumlah 71 orang responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan menggunakan skala pengukuran likert. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan rumus korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukan variabel antara implementasi program CSR PT. DSLNG memiliki hubungan yang signifikan terhadap tingkat kepuasan masyarakat di Desa Uso. Hal ini terbukti dari hasil korelasi ganda antara variabel implementasi program CSR PT. DSLNG (X) dengan variabel tingkat kepuasan masyarakat di Desa Uso (Y) dimana nilai Rhitung sebesar 0,443 dan Rtabel sebesar 0,235 pada taraf signifikansi 5%. Maka tingkat hubungan antara variabel berada pada tingkatan yang sedang yaitu pada interval korelasi 0,400 – 0,599. Dengan demikian hipotesis 0 (H0) ditolak dan Hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan hal tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara implementasi program corporate sosial responsibility (CSR) PT. Donggi Senoro LNG (Liquefied Natural Gas) (X) terhadap tingkat kepuasan masyarakat (Y).

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up