JudulStrategi Public Relations Rumah Sakit Wirabuana Dalam Meningkatkan Citra Positif Terhadap Masyarakat Kota Palu |
Nama: DWI WAHYU REZA |
Tahun: 2022 |
Abstrak ABSTRAK Dwi Wahyu Reza, B 501 14 005 “Strategi Public Relations Rumah Sakit Wirabuana Dalam Membentuk Citra Positif terhadap Masyarakat Kota Palu” Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tadulako. Dibimbing oleh Ilyas (Pembimbing). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi public relations pada Rumah Sakit Wirabuana, yang beralamat di Jl. Sisingamangaraja No.4, Besusu Timur Kec. Palu Timur, Kota Palu, Sulawesi Tengah dalam membentuk citra positif terhadap masyarakat Kota Palu. Metode pengumpulan data dengan cara wawancara kepada yang berperan sebagai public relations di Rumah Sakit Wirabuana dan konsumen. Strategi yang dilakukan oleh public relations di Rumah Sakit Wirabuana untuk membentuk citra positif terutama dalam memberikan pelayanan ke pasien yaitu mengutamakan keselamatan pasien, tanpa meminta jaminan terlebih dahulu. Selain itu strategi yang dilakukan rumah sakit Wirabuana dalam meningkatkan image kualitas pelayanan kepada pasien yaitu dengan memberikan pelayanan yang optimal dengan tenaga pelayanan yang profesional dibidangnya dan service excellent. Tidak akan mempersulit pasien terkait masalah administrasi maupun keuangan. Pelatihan 2 bulan sekali dilakukan untuk memahami tentang program kerja rumah sakit, serta meningkatkan kinerja sebagai karyawan rumah sakit. Dalam penyebaran informasi untuk memahami tentang institusi rumah sakit dilakukan dengan mengadakan pelatihan atau training untuk karyawan baru maupun karyawan lama, yaitu mengenai tujuan, visi, misi serta komitmen rumah sakit. Sehingga karyawan mempunyai arah dan tujuan yang jelas mengenai pekerjaannya. Ada tiga pelayanan utama rumah sakit Wirabuana yaitu: 1) JPK (Jaminan Pelayanan Kesehatan), 2) Medical Check Up, 3) P3K yaitu penanganan pasien pada saat pertama kali ditemukan, pelayanan ini khusus untuk umum. Dalam membentuk citra positif selain memberikan pelayanan yang optimal, penampilan fisik rumah sakit dan kenyamanan rumah sakit juga sangat dibutuhkan karena itu merupakan faktor pendukung dalam meningkatkan citra positif. Kata kunci : Rumah Sakit, Strategi, Public Relation, Citra Positif |