JudulStrategi Komunikasi Persuasif Ojek Konvensional Dalam Mempertahankan Pelanggan Di Kelurahan Petobo Kecamatan Palu Selatan |
Nama: OSVALDO GILBERT RUMAYAR |
Tahun: 2022 |
Abstrak Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana strategi komunikasi persuasif ojek konvensional dalam mempertahankan pelanggan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif yang bertujuan memberikan gambaran sistematis dan menganalisis objek yang diteliti. Subjek penelitian pada penelitian ini yaitu pengemudi ojek konvensional yang akan diteliti dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara mendalam dengan pengolahan data menggunakan analisis data kualitatif. Dari hasil penelitian ini didapati bahwa pengemudi ojek konvensional memiliki strategi komunikasi persuasif dalam mempertahankan pelanggan di Kelurahan Petobo Kecamatan Palu Selatan antara lain : 1) Kredibilitas pengemudi ojek bisa berkomunikasi dengan baik dengan pelanggan, bersikap ramah dan sopan saat bertemu dengan pelanggan. 2) Alasan yang logis memudahkan pelanggan untuk berpergian ataupun dalam mengantarkan paket 3) Daya tarik emosional pengemudi ojek bisa menghadapi berbagai tingkah laku pelanggan di karena tidak semua pelanggan itu sama 4) Mengidentifikasi kesamaan pengemudi ojek bisa membangun hubungan yang baik dengan pelanggan, untuk membuat pelanggan tetap menggunakan jasanya. Kata kunci: Strategi Komunikasi Persuasif, Ojek Konvensional |