JudulSTRATEGI PROMOSI DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA KOTA PALU PASCA BENCANA 2018 |
Nama: MOH ZULFIKAR |
Tahun: 2021 |
Abstrak Mohamad Zulfikar, B 501 13 146. Strategi Promosi Dinas Pariwisata Kota Palu Pasca Bencana. Dibimbing oleh Sitti Murni Kaddi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi promosi yang dilakukan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Palu dalam mengembalikan minat wisatawan.Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hal ini bertujuan agar dapat memberikan gambaran secara sistematis, actual dan akurat serta mendapatkan data yang mendalam tentang strategi komunikasi promosi yang digunakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dalam menarik wisatawan di Kota Palu. Subjek penelitian ini adalah Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Palu dan Masyarakat. Penentuan subjek penelitian yakni purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, strategi promosi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Palu dalam mengembalikan minat wisatawan yang terfokus pada objek wisata Uwentumbu, Salena paralayang, serta Hutan kota. Strategi yang digunakan mengenai penginformasian, membujuk dan mengingatkan bahwa proses penginformasian ini digunakan oleh tiga destinasi objek wisata tersebut dan dikembangkan oleh pemerintah kota melalui berita dan diekspos ke beberapa media, sehingga masyarakat Kota Palu dan sekitarnya dapat mengetahuinya dan banyak dikenal. Proses membujuk tidak digunakan di tiga objek wisata tersebut karena tidak terdapat masyarakat yang terfokuskan pada setiap destinasi. Kemudian proses mengingatkan pada tiga destinasi objek wisata tersebut digunakan karena melihat dua destinasi alam yaitu Uwentumbu dan Salena yang membuat masyarakat dapat terkagum oleh keindahannya, proses mengingatkan yang digunakan secara alami melalui objek wisata alam dengan perbukitan yang indah dan juga melihat jantung atau teluk Kota Palu. Kata Kunci : Strategi Promosi, Dinas Pariwisata, Kota Palu |