Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulSTRATEGI KOMUNIKASI DINAS PERHUBUNGAN (DISHUB) KOTA PALU DALAM MENANGANI JURU PARKIR LIAR
Nama: ABDU RAHMAN
Tahun: 2020
Abstrak
ABSTRAK Abdu Rahman. B 501 13 145. Program Studi Ilmu Komunikasi Konsentrasi Jurnalistik dengan Judul skripsi di bawah bimbingan Hj. Astuty sebagai pembimbing I dan Rizqy Alfiyati sebagai pembimbing II. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Strategi Komunikasi dan hambatan dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palu untuk menangani juru parkir liar yang sudah meresahkan dan menganggu masyarakat kota Tipe penelitian yang digunakan adalah tipe deskriptif kualitatif. Dasar penelitian pada penelitian ini adalah studi kasus dengan jumlah informan sebanyak 4 (Empat) orang, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara mendalam. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yakni reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi Dinas Perhubungan Kota Palu dalam menjalankan kegiatan menangani juru parkir liar di wilayah hukumnya yakni mengenali sasaran komunikasi yang terdiri atas faktor karangka referensi khalayak dari latar belakang masyarakat serta faktor situasi dan kondisi bersumber dari data dan keterangan yang anggota Dinas Perhubungan masing-masing kecamatan. Pengkajian tujuan pesan komunikasi oleh Dishub umumnya pesan tentang menghilangkan juru parkir liar menjadi juru parkir resmi agar tidak menganggu dan meresahkan masyarakat Kota Palu, pelaksanaan kegiatan dalam menangani juru parkir liar tidak terlepas dari media yakni, pengeras suara, infokus, poster serta komponen terakhir terbagi dua aspek yakni daya tarik dari Dishub dan kredibilitas Dishub atau kepercayaan masyarakat dan juru parkir liar. Adapun faktor penghambat atau gangguan strategi komunikasi Dinas Perhubungan yakni gangguan teknis, media komunikasi yakni media audio pengeras suara dan infocus yang masih bergantung pada listrik. Kedua gangguan semantik yakni kesalahan pada bahasa yang digunakan oleh Dinas Perhubungan Kota Palu sehingga khalayak kesulitan dalam menangkap pesan yang disampaikan, hal tersebut berhubungan dengan latar belakang khalayak yang belum diperhatikan. Kata kunci : Strategi, komunikasi.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up