Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulKOMUNIKASI GURU MELALUI MODEL KOMUNIKASI “SMCR BERLO” DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SLB ABCD MUHAMMADIYAH PALU
Nama: INDAH NOVIANTI
Tahun: 2020
Abstrak
ABSTRAK Indah Novianti, B 501 13 117. Komunikasi Guru Melalui Model Komunikasi “SMCR BERLO” Dalam Proses Belajar Mengajar Di SLB ABCD Muhammadiyah Palu. Dibimbing oleh Dra. Hj. Sumarni Zainuddin sebagai pembimbing I dan Rizqy Alfiyaty sebagai pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi guru dalam proses belajar mengajar pada siswa-siswi SMPLB Muhammadiyah Palu dan mengetahui faktor-faktor apa saja hambatannya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru SLB Abcd Muhammadiyah Palu serta siswa-siswi. Penentuan Subjek penelitian, yakni purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yakni reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Komunikasi guru melalui model SMCR Berlo dalam proses belajar mengajar yang terfokus pada guru sebagai komunikator dan pengirim pesan pembelajaran terhadap siswa-siswi. Proses pelaksanaanya dimulai dari guru yang memiliki kemampuan berkomunikasi baik verbal dan nonverbal. Namun, guru SMPLB masih belum menguasai komunikasi nonverbal (bisindo) yang dikuasai oleh siswa-siswi SMPLB dan pengetahuan yang berlandaskan diluar dari guru khusus tunarungu sehingga proses belajar mengajar mengalami ketidakefektifan dan juga dikarenakan digabungnya siswa-siswi SMPLB dengan tingkat ketunaan yang berbeda-beda. Peserta didik yang menjadi sasaran penerima yang mengelola pesan pembelajaran dengan berbagai bentuk saluran sinyal yang diterimanya. Kemudian setelah itu dapat diketahui sejauh mana komunikasi guru dalam proses belajar mengajar pada siswa-siswi SMPLB Muhammdiyah Palu. Faktor-faktor penghambat komunikasi dalam proses belajar mengajar terjadi diakibatkan kurangnya pengetahuan konsep pembelajaran yang dilatarbelakangi siswa-siswi berkebutuhan khusus dan pengontrolan emosional dari peserta didik sebagai sasaran komunikasi. Kata Kunci: Tunarungu, Model Komunikasi, Smcr Berlo

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up