Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulEFEKTIVITAS KOMUNIKASI ANTARPRIBADI PERAWAT TERHADAP PASIEN DALAM PELAYANAN KESEHATAN RSUD MADANI PALU
Nama: MOH RANDY
Tahun: 2019
Abstrak
ABSTRAK Moh Randy. B 501 13 115. Efektivitas Komunikasi Antarpribadi Perawat Terhadap Pasien Dalam Pelayanan Kesehatan RSUD Madani Palu di bawah bimbingan Sumarni Zainuddin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas komunikasi antarpribadi perawat terhadap pasien dalam pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah Madani Palu. Tipe penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kuantitatif dengan dasar penelitian ini adalah menggunakan metode survey. Penelitian dilaksanakan di Kota Palu tepatnya di Rumah Sakit Umum Daerah Madani jl.Thalua Konci Mamboro, Palu Utara. Responden dalam penelitian ini berjumlah 39 orang. Tehnik sampling dalam penelitian ini adalah sampling aksidental. Pengumpulan data dengan cara pengisian kuesioner. Dengan pengelolaan data menggunakan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian terkait Efektivitas komunikasi antarpribadi perawat terhadap pasien dalam pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Umum daerah Madani Palu (1) terkait indikator bersikap yakin memilki penilaian efektif melalui keyakinan pasien mengenai kesembuhannya, profesionalitas perawat, dan kenyamanan yang diberikan perawat selama proses perawatan. (2) terkait indikator kebersaman memiliki penilaian kurang efektif melalui pemberian perhatian dari perawat, toleransi perawat, dan perhatian perawat terhadap keluhan pasien. (3) terkait indikator manajemen interaksi memiliki penilaian kurang efektif melalui pasien diabaikan oleh perawat, kepuasan pasien terhadap layanan perawat, dan intensitas dan kelancaran perawat dalam berkomunikasi. (4) terkait indikator perilaku ekspresif memiliki penilaian kurang efektif melalui intensitas perawat dalam menjawab pertanyaan pasien, tanggung jawab perawat terhadap pengobatan pasien, dan kesigapan perawat dalam merawat pasien. (5) terkait indikator orientasi pada orang lain memiliki penilaian kurang efektif melalui tingkat kefokusan perawat, tanya jawab perawat dengan pasien, dan perhatian khusus yang dilakukan perawat terhadap pasien lain. Berdasarkan penilaian dari lima indikator menggunakan teori Josep A. Devito, maka dapat disimpulkan bahwa efektivitas komunikasi antarpribadi perawat terhadap pasien dalam pelayanan kesehatan RSUD Madani palu kurang efektif. Kata kunci : Efektivitas, Komunikasi Kesehatan.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up