JudulStrategi Komunikasi Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Palu Dalam Mensosialisasikan Pilkada Tahun 2020 Kepada Pemilih Pemula. |
Nama: RAHMAT TALAPIU |
Tahun: 2021 |
Abstrak ABSTRAK RAHMAT TALAPIU. B 501 13 110. Program Studi Ilmu Komunikasi Konsentrasi Public Relations. Skripsi Strategi Komunikasi Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Palu Dalam Mensosialisasikan Pilkada Tahun 2020 di Kota Palu di bawah bimbingan bapak Mahpuddin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Palu dalam mensosialisasikan pilkada tahun 2020 di Kota Palu. Tipe penelitian ini adalah penelitian deskriptif-kualitatif. Dengan menggunakan teknik penarikan sampel secara purposive, yaitu dengan memilih orang orang yang dianggap mengetahui tujuan penelitian. Penelitian ini dilaksanakan di lokasi Kantor KPUD Kota Palu yang terletak di Jalan Balai Kota Selatan No. 06. Konsep penelitian, yaitu tentang bagaimana strategi komunikasi Komisi Pemilihan Umum (KPUD) Kota Palu dalam mensosialisasikan pilkada tahun 2020 di Kota Palu . Hasil penelitian menunjukkan, strategi komunikasi yang dilakukan oleh pihak Komisi Pemilihan Umum (KPUD) Kota Palu dalam mensosialisasikan pilkada tahun 2020 di Kota Palu, menggunakan empat strategi, yaitu mengenali sasaran komunikasi, pemilihan media komunikasi, pengkajian tujuan pesan komunikasi dan peranan komunikator dalam komunikasi, Dalam mengenali sasaran komunikasi, pihak KPUD Kota Palu melakukan sosialisasi pemilu kepada masyarakat pemilih pemula. Untuk pemilihan media komunikasi, KPUD Kota Palu menggunakan beberapa jenis media, yaitu dengan menggunakan media massa, cetak, elektronik dan media online seperti media sosial facebook dan website KPUD Kota Palu. Kemudian untuk pengkajian tujuan pesan komunikasi, KPUD Kota Palu dalam melakukan pengkajian tujuan pesan komunikasi menggunakan beberapa strategi yaitu dengan melakukan kegiatan seminar,materi dalam kegiatan sasaran, dialog, dan diskusi. Selanjutnya peranan komunikator dalam komunikasi, KPUD selaku komunikator mereka harus menguasai komunikasi massa dan mereka tidak datang menggurui, melainkan mereka datang sebagai teman untuk pemilih pemula, sehingga mereka tidak merasa dihilangkan pemahamannya. Kata Kunci : Strategi Komunikasi, KPUD Kota Palu, Sosialisasi Pilkada 2020 |