JudulKOMODIFIKASI FILANTROPI IKLAN AMBULANCE UNTUK DHUAFA YAYASAN RUMAH DUA JARI |
Nama: JOKO SUPARLAN |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Joko Suparlan, B 501 13 067, Program Studi Ilmu Komunikasi Konsentrasi Jurnalistik, Skripsi “ Komodifikasi filantropi pada iklan Ambulance Untuk Dhuafa”, Dibawah Bimbingan Oleh Prof. Dr. Muhammad Khairil., S.Ag. M.Si Penelitian ini berdasarkan pada asumsi teori yang menyatakan bahwa media dalam prespektif ilmu komunikasi (termasuk Video) dapat mempengaruhi individu sebagai khalayaknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana filantropi yang di tempatkan pada Video Iklan Ambulance untuk Dhuafa dikonstruksi untuk dikomodifikasikan sehingga memiliki nilai tukar. Hasil penelitian menunjukkan konstruksi makna berdasarkan perangkat semiotika Roland barthes yang memberikan gambaran Sebagai sebuah pesan. Dalam pemaknaan denotasi video iklan Ambulance untuk Dhuafa merupakan sebuah Kategori Sosial, kerelawanan, akses masyarakat menegah kebawah, hubungan personal dan keintiman permasalahan social yang membentuk Makna Konotasi yaitu hubungan social, peran kewarganegaraan, ikatan sosial, jaringan sosial dan cita-cita dalam kepedulian, sehingga melalui pemaknaan semiotika Roland Barthes menghasilkan beberapa mitos yaitu foundrising, modal sosial, Sosial bridging, sosial linking yang merupakan bagian dari aktifitas dari kepercayaan atau ideology filantropi. Penelitian ini juga menemukan Rumah Dua Jari sebagai komunitas yang melakukan kampanye sosial ini melakukan proses komodifikasi dengan cara mengubah sebuah nilai filantropi menjadi sebuah komodifikasi menjadi nilai tukar dengan cara melakukan pemotongan senilai 10?ri pendapatan kampanye tersebut. Kata Kunci : Komodifikasi, Filantropi, Rumah Dua Jari, Analisis Semiotika Roland Barthes |