JudulMOTIVASI PENGGUNAAN CLICKBAIT OLEH WARTAWAN DI KOTA PALU |
Nama: MOHAMMAD REZA ARIFFUDIN |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Mohammad Reza. A. B 501 13 056. Program Studi Ilmu Komunikasi Konsentrasi Jurnalistik. Skripsi Motivasi Penggunaan Clickbait Oleh Wartawan Di Kota Palu dibawah bimbingan Achmad Herman sebagai konsultan utama Tujuan penelitian ini yaitu: Untuk mengetahui motivasi penggunaan Clickbait oleh wartawan di kota Palu. Tipe penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan dasar penelitian yang mengacu pada metode studi kasus. Studi kasus merupakan metode riset yang menggunakan berbagai sumber data (sebanyak mungkin data) yang bisa digunakan untuk meneliti, menguraikan, dan menjelaskan secara komperhensif berbagai aspek individu, kelompok, suatu program, organisasi atau peristiwa secara sistematis, dalam penelitian ini melihat motivasi Penggunaan clickbait oleh wartawan di Kota Palu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hal ini memang terjadi. Motivasi penggunaan clickbait oleh wartawan yang terjadi di Kota Palu di dukung oleh pihak yang terstruktur dalam redaksional. Setiap liputan kegiatan konfrensi pers atau seremonial yang dilakukan, pihak wartawan memang telah melakukan peliputan berita dan sesuai dengan pedoman wawancara. Isi berita seringkali kembali diubah ketika naik di meja redaktur pelaksana, hal ini yang dapat membuat kredibilitas dan professionalitas jurnalis tersebut menjadi menurun. Selain itu faktor pribadi juga menjadi salah satu penyebab hadirnya motivasi penggunaan clickbait yang meliputi kondisi ekonomi wartawan. Kondisi kesejahteraan dan ekonomi yang rendah menjadi penyebab wartawan berani melakukan praktik-praktik yang dilarang dalam Kode Etik Jurnalistik. Kata Kunci : Motivasi, Clickbait, Wartawan. |