JudulINTEGRATED MARKETING COMMUNICATION PADA PELAYANAN JASA TRANSPORTASI OJEK ONLINE (STUDI KASUS OJEK ONLINE LOKAL TOPOKENI PALU) |
Nama: NIFI ORYNKA RESTU |
Tahun: 2020 |
Abstrak Abstrak Nifi Orynka Restu. B 501 13 053. Program Studi Ilmu Komunikasi Konsentrasi Public Relations. Skripsi Integrated Marketing Communication Pada pelayanan Jasa Kurir dan Ojek Online Lokal Kota Palu (Studi Kasus Ojek Online Topokeni) dibawah bimbingan Ilyas Lampe selaku pembimbing I dan Raisa Alatas selaku pembimbing II. Topokeni sebagai representasi jasa kurir dan ojek online membutuhkan starategi yang tepat dan cepat dalam menghadapi kompetisi kurir online di Kota Palu. Dengan penerapan Integrated Marketing Communication dan Social Media Marketing, penelitian ini berupaya mengungkap bagaimana public relations, sponsorship, personal selling, direct marketing, serta sales promotion diterapkan dan beberapa poin penting dalam 4C, yakni context, communication, connectivity dan collaboration di jalankan pada akun Instagram Topokeni_Palu. Penelitian ini berada dalam ruang lingkup yang merupakan basis beberapa teori yang digunakan, seperti komunikasi Public Relations pemasaran, pemasaran melalui social media dan digital public relations. Untuk mengungkap implementasi IMC dan social media marketing Topokeni, penelitian menggunakan metode induktif yang bersifat kualitatif deskriptif. Dengan metode ini, banyak hal yang ditemukan hal-hal baru dalam penerapan IMC dan Social Media Marketing yang dilakukan Topokeni. Penelitian ini membawa kesimpulan bahwa penerapan Intagrated Marketing Communication jasa kurir ojek Topokeni berujung tombak pada kemampuan drivernya membangun komunikasi sehingga driver berperan ganda yakni sebagai kurir juga sebagai agen pemasaran secara langsung. Sedang untuk Social media Marketing melalui akun Instagram Topokeni_Palu menguatkan pada teks redaksi untuk mempersuasif masyarakat dan menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Keywords : Intagrated Marketing Communication, Social Media Marketing dan Topokeni |