JudulPENGARUH TERPAAN PESAN INSTAGRAM PADA AKUN @rumahduajariofficial TERHADAP KEPUTUSAN BERDONASI DI YAYASAN RUMAH DUA JARI |
Nama: SRI HANDAYANI |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Sri Handayani (B 501 13 051). Pengaruh Terpaan Pesan Instagram Pada Akun @rumahduajariofficial Terhadap Keputusan Berdonasi di Yayasan Rumah Dua Jari. Dra. Hj. Sumarni Zainuddin, M.Si, selaku pembimbing I dan Raisa Alatas, S.I.Kom., M.I.Kom, selaku pembimbing II. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui pengaruh signifikan terpaan pesan Instagram pada Akun @rumahduajariofficial terhadap keputusan berdonasi di Yayasan Rumah Dua Jari yang meliputi:Frekuensi (X1), Durasi (X2), Atensi (X3) Terhadap Keputusan Berdonasi (Y) .Teori yang digunakan adalah teori S-O-R (Stimulus-Organis-Respone). Metode yang digunakan adalah survey terhadap khalayak yang telah melihat postingan instagram di akun @rumahduajariofficial sedangkan penarikan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling (sampling tertentu), dan menggunakan Rumus Slovin sebagai penentuan sampel, dengan jumlah sampel sebanyak 99 orang, yang berstatus aktif menggunakan instagram dan memfollow akun @rumahduajariofficial. Adapun alat pengumpulan data dengan kuesioner yang dibuat melalui google form dan dibagikan melalui internet, kemudian di analisis dengan menggunakan metode analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh terpaan pesan instagram pada akun @rumahduajariofficial terhadap keputusan berdonasi, dengan nilai konstribusi sebesar 87%. Hal ini menunjuukan bahwa terdapat pengaruh yang positif dengan tingkat pengaruh yang kuat antara Frekuensi (X1), Durasi (X2), Atensi (X3) terhadap keputusan berdonasi (Y). Kata Kunci : Terpaan Media, Instagram, Keputusan Berdonasi |