Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulMOTIF PENGGUNAAN HASHTAG DALAM PENCARIAN FOTO PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (STUDI PADA UNIT KEGIATAN MAHASISWA SPOT)
Nama: Yahya M Ilyas
Tahun: 2020
Abstrak
Yahya M. Ilyas. B 501 13 045. Program Studi Ilmu Komunikasi Konsentrasi Publuc Relation. Skripsi Motif Penggunaan Hashtag Dalam Pencarian Foto Pada Media Sosial Instagram (Studi Pada Unit Kegiatan Mahasiswa SPOT) dibawah bimbingan Isa Yusaputra sebagai Konsultan I dan Citra Antasari sebagai Konsultan II. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui motif penggunaan fitur Hashtag dalam pencarian foto di Media Sosial Instagram Pada Unit Kegiatan Mahasiswa Sarana Pecintan Fotografi (UKM SPOT) menggunakan teori motif penggunaan media milik McQuail. Tipe penelitian yang digunakan adalah tipe deskriptif kualitatif. Dasar penelitian pada penelitian ini adalah studi kasus dengan jumlah informan sebanyak lima orang. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, motif penggunaan fitur hashtag dalam pencarian foto di media sosial Instagram pada unit kegiatan mahasiswa SPOT meliputi : (a) Motif Informasi dimana informan mencari informasi terkait fotografi, mulai dari kamera, hingga ke pengaturan. (b) Motif identitas Pribadi dimana informasi yang diperoleh kemudian diolah dipikiran mereka sehingga menjadi suatu pemahaman baru terkait fotografi itu sendiri. (c) Motif Integrasi dan Interaksi Sosial dimana informan menjadi terhubung dengan individu lain yang memiliki minat yang sama di bidang fotografi sehingga terus terjalin interaksi. (d) Motif Hiburan dimana informan mengisi waktu luang dengan melakukan pencarian foto menggunakan hashtag. (e) Motif Ekonomi dimana informan menggunakan hashtag untuk melihat potensi fotografi dalam menghasilkan nilai ekonomi. Kata Kunci : Instagram, Hashtag, Fotografi

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up