JudulIMPLEMENTASI NEW WAVE MARKETING COFFEE SHOP PASAR KOPI PALU |
Nama: NUR ANNISA BUR |
Tahun: 2021 |
Abstrak Abstrak Nur Annisa Bur. B 501 13 040. Program Studi Ilmu Komunikasi Konsentrasi Public Relations. Skripsi Implementasi New Wave Marketing Coffee Shop Pasar Kopi Palu dibawah bimbingan Ilyas Lampe selaku pembimbing I dan Citra Antasari selaku pembimbing II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penenerapan “New Wave Marketing” dalam praktik e-business pada Pasar Kopi Palu. Penelitian ini membahas strategi, taktik dan nilai yang merupakan 3 (tiga) komponen dalam membangun model pemasaran pada era perkembangan internet dalam praktik bisnis yang dikemukakan oleh Hermawan Kartajaya. Strategi terdiri dari communitization, confirmation, clarification. Taktik terdiri dari codification, cocreation, currency, communal activation, conversation, dan commercialization. Nilai terdiri dari character, caring, dan collaboration. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Data diperoleh dengan cara wawancara dan observasi. Wawancara dilakukan pada 2 (dua) narasumber yang merupakan tim inti yang menjalankan manajemen dan promosi. Observasi dilakukan dengan pengamatan langsung untuk mendapatkan temuan-temuan. Penelitian difokuskan pada praktik e-business yang sudah diterapkan. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan pertambahan konsumen Pasar Kopi Palu dalam menerapkan New Wave Marketing. Strategi pemasaran melalui jaringan komunitas. Strategi menjadi pokok untuk mengetahui target pasar serta kedekatan perusahaan pada konsumen. Taktik pemasaran dilakukan melalui media online dengan menggunakan sosial media instagram dan pemasaran offline melalui penempatan logo Pasar Kopi Palu dalam produk. Pada taktik, keterlibatan konsumen dalam penciptaan produk memperkuat hubungan Pasar Kopi Palu dengan konsumen. Konsumen turut terlibat dalam mempromosikan Pasar Kopi Palu. Nilai menjadikan konsumen terpenuhi kebutuhannya sehinnga timbul kepuasan dan rasa nyaman terhadap produk ataupun kepedulian yang diberikan Pasar Kopi Palu. Keywords : New Wave Marketing, coffee shop, Pasar Kopi Palu |