Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulEFEKTIVITAS IKLAN RUANGGURU DALAM MENARIK MINAT BELAJAR ONLINE SISWA DI SMA NEGERI 1 AMPANA KOTA
Nama: BAHRAIN
Tahun: 2021
Abstrak
ABSTRAK BAHRAIN. (B 501 13 015). Program Studi Ilmu Komunikasi Konsentrasi Public Relations. Skripsi Efektivitas Iklan Ruangguru Dalam Menarik Minat Belajar Online Siswa Di Sma Negeri 1 Ampana Kota dibawah bimbingan Andi Akifah selaku pembimbing I dan Muh. Isa Yusaputra selaku pembimbing II. Komunikasi massa adalah komunikasi yang ditujukan kepada khalayak yang banyak dapat mempengaruhi individu khayaknya. Iklan sendiri digunakan oleh untuk memperkenalkan dan memperkuat citra merek produknya, agar pesan yang disampaikan oleh perusahaan dapat diterima oleh masyarakat. Ruangguru sendiri merupakan perusahaan yang bergerak dibidang pendidikan digital untuk pembelajaran online. Iklan Ruangguru yang peneliti maksud adalah iklan yang tayang pada tahun 2018 yang dipromosikan oleh Iqbaal Ramadhan. Tujuan iklan melakukan promosi terhadap produk sehingga konsumen terpengaruh untuk membeli atau menggunakan produk yang diiklankan. Penelitian ini bertujuan mengetahui efektif tidaknya iklan Ruangguru dalam menarik siswa SMA Negeri 1 Ampana Kota dalam menggunakan aplikasi Ruangguru. Penelitian menggunakan tipe eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif dengan dasar metode survey yang dilakukan di SMA Negeri 1 Ampana Kota. Teori yang digunakan adalah EPIC Model oleh AC Nielson yang terdiri dari Emphaty, Persuasion, Impact, Communication. Sampel penelitian 50 orang menggunakan accidential sampling sebagai penarikan sampel. Pengumpulan data dengan menyebar kuesioner. Menggunakan skala pengukuran likert. Tekhnik analisis data penelitian menggunakan analisis statistic deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan variabel Emphaty memiliki persentase sebesar 89,4%, Persuasion sebesar 83,2%, Impact, sebesar 82,9?n Communication sebesar 83,4 %. Emphaty memiliki persentase paling tinggi untuk mempengaruhi minat belajar dalam menggunakan aplikasi Ruangguru. Kata Kunci: Iklan, Ruangguru, Efektivitas

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up