JudulSTRATEGI KOMUNIKASI GURU DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMPUTER SISWA UNTUK MENGHADAPI UJIAN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER (UNBK) |
Nama: AFAN AHMAD SIDIK |
Tahun: 2020 |
Abstrak ABSTRAK Afan Ahmad Sidik, B 501 12 074 “Strategi komunikasi guru dalam meningkatkan keterampilan komputer siswa untuk menghadapi ujian nasional berbasis komputer”. Universitas Tadulako. Dibawah bimbingan Mahpuddin sebagai konsultan I dan Edwan sebagai konsultan II. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi-strategi yang digunakan oleh guru TIK di Madrasah Aliyah Al-Khairaat Kotapulu dalam meningkatkan keterampilan komputer siswa untuk menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah berjumlah 2 (dua) orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian terhadap strategi komunikasi guru TIK pada sekolah tersebut berdasarkan teori strategi pembelajaran dengan 5 indikator tahapan maka diperoleh hasil yang antara lain dimulai dari tahap (1) yaitu persiapan yang dilakukan guru dengan merencanakan serta menyusun kebutuhan pembelajaran dengan memahami situasi dan kondisi sekolah dan para siswanya. (2) yakni tahap peragaan dilakukan guru dengan mensimulasikan materi secara nyata melalui infokus sambil menjelaskan langkah-langkah yang disimulasikan secara visual. (3) yakni tahap peniruan yang mana guru memerintahkan para siswa untuk menirukan peragaan yang sedang disimulasikan oleh guru. (4) yakni praktik yang dilakukan dengan menugaskan para siswa satu persatu untuk mempraktekan materi yang telah diberikan guna mengukur tingkat pemahaman para siswa. Tahap (5) yakni tahap evaluasi yang pada tahap ini guru melakukan pengukuran serta menilai efektifitas strategi pembelajaran yang telah dijalankannya berdasarkan tingkat pemahaman para siswa sebagai tolak ukurnya yang kemudian menjadikan hasil evaluasi yang diperoleh sebagai bahan pengembangan metode pembelajaran yang lebih efektif. Kata Kunci :Strategi Komunikasi, Guru, Siswa, KeterampilanKomputer, UNBK |