Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulKOMUNIKASI KEBUTUHAN PERSONAL PADA MUALLAF DALAM KOMUNITAS MUSLIM DI KOTA PALU
Nama: JUSMAN
Tahun: 2020
Abstrak
ABSTRAK Jusman B 501 12 059, “Komunikasi kebutuhan personal pada muallaf dalam komunitas muslim di Kota Palu” dibawah bimbingan oleh Hj. Israwaty Suriady sebagai konsultan I dan Rizqy Alfiyanty sebagai konsultan II Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tadulako. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang proses pemenuhan dan pentingnya komunikasi kebutuhan personal pada muallaf dalam komunitas muslim di Kota Palu. Pendekatan penelitian ini menggunakan prinsip kualitatif deskriptif yang berlandaskan pada analisis data dengan dasar studi kasus. Tinjauan teori mengacu tentang FIRO-B (Fundamental Interpersonal Relations Orientation Behavioral) yang meliputi dimensi inclusi, control dan afektip dengan subjek atau informan dalam penelitian berjumlah tiga orang yang dipilih melalui prosedur purposive. Adapun, Jenis data mengunakan data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data melalui observasi langsung dan wawancara mendalam secara terfokus. Analisis data ditempuh melalui reduksi data, pemaparan data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian tentang komunikasi kebutuhan personal pada muallaf dalam komunitas muslim di Kota Palu menunjukan bahwa adanya kesadaran dan kemauan muallaf untuk mengadakan komunikasi dengan orang- orang muslim lainnya. Hal ini, dibuktikan dengan mengikuti kegiatan-kegiatan yang bersifat keagamaan atau berada dalam wadah pembinaan tertentu. Adapun, interaksi komunikasi masih dominan terjalin melalui proses pembelajaran agama Islam yang berlangsung secara kolektif dan membuat interaksi interpersonal kurang dirasakan terjalin. Akibatnya, tingkat pemenuhan kebutuhan personal dirasakan berbeda-beda sesuai kondisi lingkungan sekitarnya. Begitupun, orientasi tingkah laku pada muallaf melalui tahap inklusi, kontrol dan afeksi menunjukan berbagai tipe perilaku pada muallaf diantaranya seperti tipe undersocial, abdikrat dan psikodinamika. Sedangkan, tentang pentingnya kebutuhan personal bagi muallaf menjadi penting dan sangat membantu pada perkembangan diri muallaf tentang pola pandang dan adanya penambahan pengetahuan tentang keislamnya. Selain itu, juga menumbuhkan motivasi untuk terus beraktivitas menjadi lebih baik sebagai seorang muslim agar tercipta komitmen kuat dalam melaksanakan ketentuan-ketentuan yang berlaku pada agama Islam. Kata kunci: Komunikasi Kebutuhan Personal, Muallaf, Komunitas Muslim.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up