Perpustakaan
DESKRIPSI DATA LENGKAP
JudulPola Komunikasi Guru Dalam Mengajarkan Bahasa Daerah Kaili Di SDN Inpres 5 Birobuli Palu
Nama: WAWAN PERDANA PUTRA
Tahun: 2019
Abstrak
ABSTRAK Wawan Perdana Putra. B 501 10 116. Program Studi Ilmu Komunikasi Konsentrasi Public Relations. Pola Komunikasi Guru Dalam Mengajarkan Bahasa Daerah Kaili di SDN Inpres 5 Birobuli Paludi bawah bimbingan Sumarni Zainuddin sebagai pembimbing I dan Andi Febri Herawati sebagai pembimbing II. Tujuan dari penelitian untuk mengetahui pola komunikasi guru dalam mengjarkan Bahasa Daerah Kaili di SDN Inpres 5 Birobuli Palu Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif-kualitatif dengan dasar penelitian studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di Jalan Banteng Kecamatan Palu Selatan. Konsep penelitian yaitu tentang Pola komunikasi. Subjek atau informan dalam penelitian ini berjumlah 5 orang yaitu 1 orang Guru Bidang Studi dan satu orang kepala sekolah, dan 3 orang siswa Adalah sebagai alat pengumpul data menggunakan observasi dan wawancara mendalam (in-depth interview) dengan pengolahan data menggunakan analisis data kualitatif. Hasil Penelitian menunjukan bahwa pola komunikasi yang digunakan guru, serta metode mengajar guru. Pola komunikasi terdiri dari komunikasi pola komunikasi satu arah di mana pola komunikasi satu arah ini digunakan guru dengan menggunakan metode pembelajaran yaitu dengan metode ceramah, yaitu guru menjelaskan tentang tentang materi pelajaran bahasa kaili,. Sedangkan pola komunikasi dua arah digunkan guru pada metode pembelajaran metode penugasan, metode tanya jawab, dan metode bernyayi metode penugasan digunakan guru agar para siswa dapat mempelajari kembali materi yang mereka dapatkan dari guru dengan mengerjakan tugas-tugas yang telah di berikan dengan menjawabnya dengan benar. Metode tanya jawab juga merupakan pola komunikasi, di mana guru menguji siswa dengan melemparkan sebuah pertanyaan lalu siswa menjawab pertanyaan tersebut, ini menunjukan adanya proses komunikasi dua arah yang dilakukan oleh guru dan murid. Selanjutnya pola komunikasi dua arah juga di gunakan oleh guru pada metode pembelajaran bernyanyi di gunakan guru apabila suasana belajar menjadi membosankan dengan bernyanyi murid merasa terhibur. dan pola komunikasi yang terakhir ialah pola komunikasi multi arah dengan menggunkan metode belajar diskusi di mana guru memberikan sebuah permasalahan yang harus di selesaikan oleh siswa dengan teman sekelomponya guna mendapatkan solusi dari permasalahan tersebut. Kata kunci:Guru,Pola Komunikasi, Bahasa Daerah Kaili.

Sign In to Perpus

Don't have an account? Sign Up