JudulSTRATEGI JUPITER VEGA MIO COMMUNITY (JVMC) PALU DALAM PEMBENTUKAN CITRA DI MASYARAKAT |
Nama: APRININGSI GURINDA |
Tahun: 2019 |
Abstrak ABSTRAK APRININGSI GURINDA. Strategi Jupiter Vega Mio Community (JVMC) Palu dalam pembentukan citra dimasyarakat (Dibimbing Muhammad Khairil selaku pembimbing I dan Muh Isa Yusaputra pembimbing II). Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui strategi komunikasi Jupiter Vega Mio Community (JVMC) Palu dalam pembentukan citra di masyarakat. Penelitian ini dilaksanakan di dua tempat yang merupakan tempat nongkrong atau Kopi Darat (KOPDAR) Komunitas Motor JVMC Palu yaitu jalan Gatot Subroto cafe Arkana dan jalan Balaikota selatan tepatnya dicafe Sahabat Roata tempat berkumpulnya komunitas-komunitas motor atau biasa disebut Forum Bikers Kota Palu. Adapun informan penelitian ini adalah orang-orang yang ditentukan secara purposive sampling yaitu dipilih berdasarkan pertimbangan tertentu bahwa mereka dianggap berkompeten untuk menjawab pertanyaan peneliti. Data Primer diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam. Data sekunder diperoleh melalui studi pustaka beberapa buku-buku,jurnal, dan sebagainya yang berkaitan dengan masalah yang diteliti. Hasil penelitian yang didapatkan menunjukan bahwa Strategi Jupiter Vega Mio Community (JVMC) Palu dalam Pembentukan Citra dimasyarakat, dilakukan dengan (1) Menciptakan public understanding (pengertian public) melalui kegiatan BAKSOS yakni membantu para korban bencana alam JVMC Palu mengenalkan komunitas dimasyarakat dan menjalin keakraban kepada masyarakat, agar masyarakat tahu JVMC Palu adalah komunitas yang baik dan tidak merugikan masyarakat, (2) Public confidence (adanya kepercayaan publik terhadap organisasi atau perusahaan kita) melakukan kegiatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat seperti berbagi takj’il dan buka bersama pada bulan Ramadhan dengan masyarakat dan memberikan sumbangan kepada masyarakat yang membutuhkan (Panti Asuhan), (3) Public support (adanya unsur dukungan dari publik terhadap organisasi kita ) masyarakat mendukung kegiatan buka bersama yang dilakukan dan ikut terlibat dalam kegiatan yang dilakukan JVMC Palu, 4) Public cooperation (adanya kerjasama dari public terhadap organisasi kita) JVMC Palu bekerjasama dengan Kepolisian Kota Palu, Untuk bersama-sama mempeloporkan keselamatan dalam berkendara yang baik dan aman kepada masyarakat. Dengan adanya kerjasama JVMC Palu dengan pihak kepolisian hal ini dapat meyakinkan dan masyarakat bahwa JVMC Palu adalah komunitas motor tidak merugikan dan meresahkan masyarakat. Kata kunci: Strategi, pembentukan citra |