JudulSTRATEGI PERUSAHAAN LISTRIK NEGARA UNIT LAYANAN PELANGGAN KOLONODALE DALAM PENANGANAN KRISIS LISTRIK DI KABUPATEN MOROWALI UTARA |
Nama: AGRIANI IVON PAPAYA |
Tahun: 2025 |
Abstrak Agriani Ivon Papaya, Nomor Stambuk B 401 21 153, Judul:”Strategi Perusahaan Listrik Negara Unit Layanan Pelanggan Kolonodale Dalam Penanganan Krisis Listrik di Kabupaten Morowali Utara”. Dibawah bimbingan Ibu Sitti Chaeriah Ahsan sebagai pembimbing 1 dan Bapak Angga Pradana sebagai pembimbing II. Penelitian ini terkait Strategi Perusahaan Listrik Negara Unit Layanan Pelanggan Dalam Penanganan Krisis Listrik di Kabupaten Morowali Utara. Kajian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan teknik menetukan informan menggunakan purposive. Adapun informan dalam penelitian ini adalah Team Leader PLN ULP Kolonodale, Pemerintah Daerah, dan Masyarakat. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data melalui tahap, pengumpulan data, penyajian data, kondensasi data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan teori Wheelen dan Hunger dengan melihat aspek Pengamatan Lingkungan, Perumusan Strategi, Implementasi Strategi, dan Evaluasi dan Pengendalian. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi Perusahaan Listrik Negara Unit Layanan Pelanggan dalam Penanganan Krisis Listrik sudah berjalan dengan baik dan masih dalam tahap proses pengimplementasian, adapun tantangan dalam implementasi strategi yang ada yaitu medan area pembangunan jalur transmisi yang cukup sulit di jangkau, pemeliharaan jaringan listrik yang mengalami beberapa penolakan dari masyarakat yang meminta ganti rugi. Strategi perlu diimplementasikan dengan komunikasi yang baik. Sehingga strategi penanganan krisis listrik diperlukan peningkatan implementasi strategi penanganan serta koordinasi dan kolaborasi antara Pemerintah Daerah, dan juga peningkatan partisipasi masyarakat dalam hal strategi penanganan krisis listrik. |